Ini Cara Gisell Mendidik Gempita Agar Mandiri, Cerdas dan Tidak Mudah Rewel

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 30 Agustus 2017 | 23:30 WIB
Agar anak cerdas dan mandiri, Gisella melakukan berbagai pola asuh yang tepat (Santi Hartono)

Nakita.id – Kesibukan orangtua membuat Ibu mau tidak mau meninggalkan anak di rumah. Terutama pada Ayah dan Ibu yang sedang sibuk bekerja. Mencari nafkah untuk si kecil mau tidak mau menyita waktu dan perhatian. Hal ini pula yang terjadi pada artis muda Gisella Anastasia.

Kesibukan manggung off air dan kesibukan lainnya membuat Gisell kerap kali harus meninggalkan Gempita, putri semata wayangnya. Namun, hal ini tidak membuat Gempita rewel. Justru di beberapa postingan akun instagramnya, Gempita terlihat mandiri dan tidak rewel.

Baca juga: Agar Anak Mandiri, Terapkan 5 Cara Pengasuhan Ini 

Misalnya dalam postingan Instagram Stories miliknya yang menunjukkan video Gempita sedang berada di sekolah. Dalam video itu, Gempita seakan-akan berbicara dnegan Gisel.  “Mama, Gempita pergi ke sekolah dulu ya!,” ujarnya sambil mencium handphone seolah-olah sedang mencium sang Ibu.

Beberapa kali Gisel juga sempat menunjukkan video kelucuan Gempita saat bersama pengasuh sementara dirinya sedang berada di luar kota bahkan di luar negeri.

Kira-kira apa ya rahasianya agar si kecil bisa mandiri dan tidak mudah rewel seperti Gempita? Dilansir dari Tribunnews, Gisel mengaku selalu memberikan contoh akan apa yang ia ajarkan pada Gempita. “Jadi enggak cuma diajarin yang ABCDE, tapi dengan contoh yang baik dari kita saja. Jadi kita ajarin bentuknya dengan bagaimana cara kita berperilaku aja," ujarnya.

Baca juga: Ini Kegiatan Sederhana Agar Anak Mandiri Dan Percaya Diri

Hal ini terbukti karena Gempita jadi lebih mengerti apa yang dilakukan orangtuanya sehingga ia bisa mandiri dan tak rewel. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Departemen Kesehatan Los Angeles pada 2002 menemukan bahwa anak yang memiliki contoh atau menjadikan orangtua sebagai role model memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi serta nilai akademik yang lebih tinggi.

Baca juga: Ketimbang Selalu Mengarahkan, Lebih Baik Biarkan Anak Belajar Mandiri 

Tak hanya itu, Gisell juga membiarkan Gempi bereksplorasi. Dilansir dari Grid.id, Gisel mengaku salah satu triknya adalah tidak memanjakan anak.

Artinya, Gempi dibiarkan untuk bereksplorasi dan mengenal dunia sekitarnya. Gisel pun tak segan membawa Gempi naik angkutan umum atau berbelanja ke pasar.

Sally Fitzgerald seorang terapis dari Good Early Learning mengatakan memberi kesempatan anak berekspolorasi akan membantu mereka mengembangkan otaknya.

Dengan pergi keluar rumah misalnya, anak akan menggunakan indra mereka yang membantu koneksi saraf di jalur otak.

Wah cara-cara Mama Gisell tadi bisa kita contoh ya, Bu!