Usia Berapa Anak Boleh Punya Handphone? Ini Pendapat Para Orangtua

By Dini Felicitas, Kamis, 31 Agustus 2017 | 06:45 WIB
Di usia berapa anak boleh mempunyai gadget sendiri? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Tahapan seorang anak mampu melakukan sesuatu memang berbeda. Ada anak yang sudah lancar berbicara di umur dua atau tiga tahun, bisa berhitung dengan baik sebelum masuk SD, atau bahkan sudah punya akun media sosial sendiri sebelum berumur 10 tahun.

Sebuah survei yang dilakukan oleh My Nametags, menanyai 2.000 pasangan ibu dan ayah tentang kapan seharusnya anak boleh melakukan sesuatu atau diizinkan melakukan hal-hal tertentu. Survei menghasilkan daftar kegiatan apa saja yang sudah boleh dilakukan oleh anak dari usia dua sampai 18 tahun.

Banyak orangtua mengakui bahwa mereka tidak terlalu mematuhi peraturan yang sudah disepakati bersama sebelumnya, dan membiarkan anak-anak melakukan hal-hal tertentu lebih awal dari yang diinginkan. Sebanyak 70% orangtua percaya bahwa saat ini ada beberapa hal yang terlalu cepat diberikan pada anak.

Seorang juru bicara My Nametags -yang menugaskan survei tersebut- mengungkapkan kesulitan para orangtua, bahkan sekadar untuk menentukan kapan anak boleh melakukan suatu hal.

“Tentu saja, setiap anak berbeda dan mungkin bisa melakukan sesuatu atau memiliki tanggung jawab tertentu lebih lambat atau lebih awal dari hasil penelitian kami. Namun, sangat menarik untuk mendapatkan indikasi mengenai kapan ibu dan ayah biasanya mengizinkan atau mengharapkan anak-anak mereka melakukan hal-hal tertentu,” jelasnya.

Dari seluruh peserta survei, sebanyak 56% orangtua menganggap diri mereka banyak memberikan keistimewaan pada anak lebih awal dari yang diberikan oleh ayah dan ibunya dulu. Sementara 29% orangtua justru merasa mereka adalah tipe orangtua yang ketat terhadap peraturan.

Survei ini juga mencari tahu mengenai cara pengambilan keputusan orangtua terhadap anak-anaknya. Hasilnya, empat dari 10 orangtua mengatakan bahwa mereka merasa mendapat tekanan dari orangtua lain dalam mengizinkan anak melakukan hal-hal tertentu, sementara setengah dari jumlah partisipan tetap mendiskusikan bersama pasangannya mengenai hak istimewa anak tersebut.

Di antara sekian banyak hal yang diharapkan dapat dilakukan oleh anak, mengajari mereka mengenai nilai barang, dan cara menghindari kehilangan sesuatu, adalah salah satu hal yang paling sering diajarkan orangtua saat anak semakin besar.

“Sangat menarik mengetahui bahwa kekhawatiran orangtua adalah agar anak mereka tidak kehilangan sesuatu, terutama karena kita tidak mengharapkan anak-anak bertanggung jawab atas harta benda mereka sampai usia sepuluh tahun saat masih berada di sekolah dasar,” kata Andersen.

Dari beberapa hal yang diharapkan orangtua dapat dilakukan oleh anak, adalah bisa mengendarai sepeda di usia tujuh tahun, dan bisa mengikat tali sepatu dan menggosok gigi sendiri saat berusia delapan tahun. Lalu di usia sembilan tahun, anak diharapkan bisa mandi sendiri dan mulai mendapatkan uang saku. Di usia 10 tahun, anak diajarkan tanggung jawab terhadap barang miliknya, bisa menyiapkan diri sendiri, dan boleh menginap di rumah temannya.

Sementara itu, para orangtua setuju kalau anak baru boleh menggunakan gadget dan memiliki handphone saat mereka berusia 11 atau 12 tahun.