Ini yang Akan Terjadi Pada Vagina Seiring Bertambahnya Usia

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 8 September 2017 | 08:15 WIB
Ini yang Akan Terjadi Pada Vagina Seiring Bertambahnya Usia (Santi Hartono)

Nakita.id - Seiring bertambahnya usia perempuan, ada beberapa perubahan yang paling jelas seperti munculnya keriput, penurunan metabolisme, kehilangan ingatan dan sebagainya.

Tak hanya itu, ternyata vagina Ibu juga mengalami perubahan yang signifikan. Ada banyak jenis perubahan yang bisa terjadi di area kewanitaan yang dimulai dari usia 40-an.

Beberapa perbedaan yang mungkin tampak mencolok dan umum terkait usia di antaranya peningkatan kekeringan dan infeksi jamur. Sementara itu, beberapa jenis perbedaan lainnya bisa sangat serius. Jadi, penting bagi Ibu untuk mengetahui perubahan ini jika usia telah menginjak 40-an!

Baca juga : Cara Mengobati Jerawat di Vagina

Berikut beberapa perubahan yang terjadi pada vagina terkait usia;

1. Uterus bisa  turun ke vagina: Salah satu kondisi terkait usia yang dapat terjadi di area ini adalah prolaps atau turunnya rahim, kandung kemih atau rektum ke dalam vagina. Bagi Ibu dengan prolaps ringan, latihan kegel bisa sangat membantu guna mencegah kondisi ini terjadi.

2. Vagina menua:  Saat usia kita masih muda, estrogen membantu menjaga agar kulit vagina terlihat tebal dan lebih elastis. Seiring bertambahnya usia, hormon akan menurun dan perempuan akan kehilangan elastisitas di vagina. Kondisi ini juga dikenal sebagai atrofi vulvo-vaginal.

Baca juga : Solusi Alami Vagina Rapat dan Kencang

3. Uterus dan saluran masuk ke vagina dapat mengecil: Selain tingkat estrogen yang menurun, rahim juga dapat berubah ukurannya. Seiring bertambahnya usia seorang perempuan, rahim cenderung menjadi lebih kecil. Saluran masuk vagina juga bisa menyempit seiring bertambahnya usia.

4. Tidak mampu mengendalikan kandung kemih: Seiring bertambahnya usia kita, otot dan ligamen yang menopang dasar panggul mulai lebih rileks.Dalam beberapa kasus, uretra sebenarnya bisa bergerak dalam kaitannya dengan kandung kemih dan bisa menyebabkan bocor. Kondisi ini bisa menyebabkan Ibu buang air kecil dengan mudah saat sedang batuk atau bersin.

Baca juga : Vagina Tak Perlu Berbau Harum, Hentikan Kesalahan Saat Merawat Vagina Ini

5. Mengalami ISK: ISK atau Infeksi Saluran Kemih dapat terjadi lebih sering saat Ibu berusia lebih tua karena jaringan kelamin yang halus. Selanjutnya, ISK yang tidak diobati atau tidak dikenali dapat berkembang menjadi infeksi ginjal akibat pertumbuhan bakteri.

Jadi, ada baiknya Ibu mulai mengatur pola hidup sehat dengan makanan bergizi dan olahraga teratur agar bisa mencegah perubahan serius pada area vagina.

Sumber : Scary & Bad Things That Can Happen To Your Vagina As You Age)