4 Hal Menyenangkan yang Akan Terjadi Sepanjang Trimester Dua Kehamilan

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 12 September 2017 | 00:00 WIB
Trimester kedua kehamilan yang akan menyenangkan bagi Ibu hamil (Santi Hartono)

Nakita.id – Selamat datang di trimester kedua! Banyak orang bilang bahwa trimester kedua adalah masa yang menyenangkan bagi Ibu hamil. Ternyata hal ini memang benar terjadi. Kenapa ya? Ini dia empat hal menyenangkan yang akan Ibu rasakan selama trimester kedua kehamilan!

Baca juga: Perkembangan Janin Normal di Trimester Kedua

1. Akan merasakan gerakan janin!

Akhirnya Ibu akan mulai merasakan gerakan janin di trimester kedua kehamilan. Pada kehamilan pertama biasanya Ibu akan merasakan gerakan janin pada usia kehamilan di minggu ke 16 sampai ke 25. Biasanya Ibu akan merasakan janin bergerak jika Ibu dalam posisi diam seperti saat duduk atau berbaring.

Di trimester kedua ini gerakan janin akan semakin terasa, tidak seperti saat awal kehamilan. Gerakan ini akan semakin kuat seiring berjalannya usia kehamilan. Sebuah studi menunjukkan janin akan bergerak 30 kali setiap jam di trimester akhir kehamilan.

Baca juga: Asyiknya Trimester Kedua Kehamilan! 

2. Bisa liburan bersama suami tercinta

Masuk trimester kedua saatnya Ibu dan Ayah merencanakan liburan atau biasa disebut baby moon. Menurut American College of Obstetrics and Gynecology, watu teraman untuk bepergian adalah minggu ke 18 sampai 24.

Tidak seperti trimester pertama, mual dan muntah saat hamil sudah tidak terjadi lagi. Ibu akan nyaman dan juga masih aman bepergian di trimester kedua ini. Usia kehamilan yang belum begitu tua membuat Ibu masih diperbolehkan bepergian dengan pesawat terbang.

3. Lebih bergairah dalam hal seks

Seks saat hamil pada dasarnya boleh saja dilakukan, apalagi Ibu akan lebih merasa bergairah pada masa-masa ini. Dalam buku The Big Fat Activity Book For Pregnant People, aliran darah yang semakin meningkat seiring perkembangan janin membuat Ibu jadi lebih bergairah. Tak hanya itu, hubungan antara Ayah dan Ibu semakin erat untuk memersiapkan kehadiran si buah hati.

Baca juga: Tip Naik Pesawat Nyaman Dan Aman Untuk Ibu Hamil