Zaskia Adya Mecca Kaget Hamil Lagi, Ini Alasannya!

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 12 September 2017 | 03:30 WIB
Kehamilan tidak terduga yang dialami artis Zaskia Adya Mecca (Santi Hartono)

Nakita.id – Kabar bahagia datang dari artis sekaligus istri dari Hanung Bramantyo. Zaskia Adya Mecca kini tengah hamil anak keempat dan usia kandungan telah berusia 2,5 bulan. Menurutnya, kehamilan ini cukup mengagetkan dirinya.

Dilansir dari Tribunnews.com, Zaskia memang mengaku kaget karena jarak kehamilan yang cukup dekat. "Kaget banget, ini nggak terduga karena biasanya aku kalau punya anak harus planning," ungkap Zaskia Adya Mecca di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P. Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (11/9/2017).

Baca juga: Dampak Kebobolan Hamil pada Janin 

Pemain film 'Ayat-Ayat Cinta' ini mengaku kalau dirinya selalu berencana hamil lagi jika anaknya sudah berusia dua tahun. "Anakku harus sudah dua tahun dulu, baru aku mau hamil lagi, karena aku mau kasih ASI dan anakku biar dapat maksimal perhatian dari aku," ceritanya.

Namun, faktanya anak ketiga Zaskia, Bhai Kaba, baru saja berusia 1,5 tahun. Kendati demikian, Zaskia percaya jika ini rencana Tuhan yang terbaik. "Tahunya ini, anakku baru 1,5 tahun, Allah rencananya lain. Ya sudah, ini yang terbaik pasti," pungkasnya.

Ternyata apa yang terjadi pada Mama Zaskia ini banyak terjadi pada perempuan. Sebuah studi pernah menungkapkan sebanyak 30% wanita memiliki anak lagi ketika anak pertama berusia 18 bulan.

Baca juga: Stres karena Kebobolan Hamil, Lalu Bagaimana? 

Salah satu penyebab hal tersebut terjadi adalah banyak Ibu yang kembali aktif secara seksual setelah kehamilan. Sebuah studi pada 2013 melaporkan 41% ibu melakukan seks pada waktu 6 minggu melahirkan dan 78% melakukan seks dalam waktu 12 minggu.

Menurut studi ini, para Ibu berpikir tidak akan mungkin hamil setelah melahirkan sehingga mereka tidak menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu, banyak yang menganggap kalau sedang menyusui tidak memungkinkan Ibu untuk hamil.

Baca juga: Penyebab Kegagalan Alat KB yang Bikin Kebobolan Hamil 

Nah kapan jarak kehamilan yang ideal? Menurut Stephani Teal, M.D., periode yang tepat untuk melahirkan ada setelah dua tahun. Sebab, dalam kurun waktu tersebut adalah masa tersibuk bagi seorang Ibu

Maka sangat penting untuk Ibu melakukan pengendalian kelahiran. Untuk itu, Ibu perlu memakai alat kontrasepsi meski baru saja melahirkan hingga si kecil usia balita.(*)