8 Cara Membuat Si Kecil Langsung Terlelap

By je, Kamis, 14 September 2017 | 05:45 WIB
Bayi baru lahir tidur terus, apakah berbahaya? (Saeful Imam)

Nakita.id - Cara meninabobokkan si kecil selama ini, umumnya kita ketahui dari orangtua, seperti: susui si kecil, dia pasti akan tertidur atau timang-timag si kecil supaya dia terlelap. Tapi, apa iya harus kita susui setiap menidurkannya? Apa iya kita harus bercapek-capek menimang-nimangnya setiap mau tidur? Apalagi biasanya saat kita lepas puting payudara dari mulut si kecil atau kita berhenti menimang-nimangnya, biasanya si kecil langsung terbangun.

Nah, dalam tuilisan ini akan diulas mengenai cara meninabobokkan bayi menurut observasi dan penelitian Cathryn Tobin, M.D., dokter anak yang juga anggota Canadian Pediatric Society dan Royal College of Physicians and Surgeons. Menurut Tobin yang adalah ibu empat anak dan penulis The Lull-a-Baby Sleep Plan ini, cara meninabobokkan bayi itu mudah banget. Begini, nih, caranya! 

Baca juga: 5 Kiat Menidurkan Bayi Sesuai Usia

1. Lihatlah, apakah bayi cukup tidur atau tidak.

Jika cukup tidur, apa pun yang kita lakukan untuk menidurkannya tidak akan berhasil. Jadi, tunggu hingga dia mengantuk atau buat dia capek.

2. Manfaatkan kesempatan emas.

Saat bayi lahir ke dunia, matanya selalu tertutup rapat untuk membatasi pandangan dan juga suara. Jadi, saat meninabobokkannya, lakukan di tempat gelap atau remang, hening, dan tenang. Jika lingkungan di sekitar bayi seperti itu, otaknya akan membaca bahwa saat itu adalah waktunya untuk tidur, beristirahat, memejamkan mata, tidak mendengarkan apa-apa.

3. Membuat waktu tidur terasa nyaman.

Apa yang paling nyaman bagi bayi? Yup! Berada di pelukan Ibu. Kenapa? Karena dengan dipeluk hangat, bayi akan merasa seperti berada di dalam rahim. Dengan begitu, bayi akan rileks, tenang, dan akhirnya mudah tertidur.

4. Berikan bayi suara-suara menenangkan seperti yang selalu dia dengarkan di dalam rahim.

Suara seperti ini adalah suara yang ritmenya lembut, menenangkan, mengalun. Suara-suara yang kerap diperdengarkan kepada bayi saat dirinya di dalam rahim pun merukapan suara yang bisa menenangkan, semisal suara ibu menyanyi atau mengaji. Tak lupa, hilangkan suara-suara yang mengganggu bayi, seperti: suara radio, televisi, kipas angin, treadmill, vacum cleaner, bahkan suara aktivitas membersihkan rumah dan memasak. 5. Mengisap membuat bayi merasa nyaman.

Fakta, penelitian menunjukkan, mengisap melepaskan zat kimia di otak, sehingga menurunkan stres, ritme detak jantung, tekanan darah, dan rasa sakit. Maka dari itu, meninabobokkan bayi sambil menyusui amatlah mujarab.