Moms dan Dads Harus Tahu, Anak TK Tidak Boleh Belajar Membaca!

By Fadhila Auliya Widiaputri, Selasa, 27 November 2018 | 17:21 WIB
Anak usia TK tidak boleh belajar membaca (kaboompics)

Nakita.id - Kebanyakan Moms dan Dads sekarang ini ingin bila Si Kecil dapat membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sejak usia dini.

Apa itu bisa dibenarkan? 

Menurut Surat Edaran Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 1839/C.C2/TU/2009 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Penerimaan siswa Baru Sekolah Dasar, tidak diperbolehkan mengajarkan calistung pada anak usia dini.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Ciri Wanita Yang Berisiko Miliki Anak Down Syndrome

Menurut Roosie Setiawan, Founder Reading Bugs, usia TK atau Taman Kanak-Kanak ialah usia dimana anak memiliki kewajiban bermain bukan belajar.

“Namanya TK, Taman Kanak-Kanak. Jadi TK adalah tempat anak untuk bermain-main. Usia 0-6 tugas anak adalah bermain.

Kalau kita mau mempersiapkan anak belajar membaca bukan caranya mengajak anak belajar membaca tapi mengaktifkan unsur-unsur yang dipergunakan untuk belajar membaca nanti dengan cara yang menyenangkan,” ujarnya saat ditemui dalam acara Reading Aloud di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Selasa (27/11).

Adapun unsur-usur yang dimaksud Roosie ialah pengetahuan huruf, kesadaran fonem, kosakata, ketertarikan terhadap materi cetak khususnya buku, dan menceritakan kembali atau berkomunikasi.

Untuk mengaktifkan unsur-unsur itu, salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua ialah dengan rajin membacakan buku pada anak.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Curahan Pilu Angelina Jolie Lakukan Operasi Angkat Payudara dan Rahim Untuk Hindari Kanker