Ini Dia Peran Penting Asam Amino dalam Kesehatan, Simak Terobosan Terbaru!

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Sabtu, 8 Desember 2018 | 10:08 WIB
Asam amino punya peran penting bagi tubuh. ()

Nakita.id - Demi tubuh yang selalu sehat dan bugar, penting untuk kita memerhatikan dengan cermat asupan nutrisi penting yang masuk dalam tubuh salah satunya asam amino.

Faktanya, 20% komponen penting yang ada dalam tubuh terdiri dari asam amino yang memiliki peran yang amat penting untuk tubuh.

Asam amino berperan dalam pembuatan protein, zat yang berperan dalam membentuk organ tubuh seperti rambut, otot dan organ dalam penting lainnya. Terdapat sekurangnya 100.000 jenis protein yang semuanya hanya dibuat oleh 20 asam amino.

Ketika Moms mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka protein akan dicerna dan selanjutnya menjadi asam amino dalam perut untuk diserap oleh tubuh.

Asam amino yang telah diserap selanjutnya didistribusikan pada sel tubuh untuk memproduksi protein yang dibutuhkan.

Setiap harinya, para peneliti menemukan fungsi terbaru asam amino, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, membantu tubuh lebih cepat pulih saat kelelahan, mencegah cedera otot bagi orang yang gemar berolahraga dan menjaga metabolisme tubuh.

Tak mengherankan protein menjadi sumber gizi utama bagi atlet, karena faktanya asam amino hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk diserap oleh tubuh.

Fungsi lain asam amino yaitu menjaga kulit tetap terawat dan awet muda, karena asam amino turut berperan memproduksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

Asam amino juga efektif dalam melembabkan kutikel rambut, membantu melindungi rambut dari kerusakan sehingga rambut lembut dan bercahaya.

Selain itu, asam amino juga menjaga pH kulit tetap seimbang dan terjaga kesehatannya.

Seperti diketahui, setiap orang tak bisa hidup tanpa asam amino mengingat peran vitalnya dalam membentuk massa otot dalam tubuh.

Disinilah peranan asam amino, zat ini akan mencegah otot dari penyakit melemahnya otot yang rentan mengenai orang lanjut usia.