Menggemaskan! Begini Potret Kebersamaan Presiden Joko Widodo Saat Bermain Bersama Cucu Pertamanya, Jan Ethes

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 18 September 2017 | 02:30 WIB
Kebersamaan anak dan kakek yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo (Santi Hartono)

Nakita.id – Tak hanya dekat dengan sosok Ayah dan Ibu, pastinya peran kakek dan nenek sangat penting bagi anak. Hal ini yang membuat Presiden RI, Joko Widodo meluangkan waktunya untuk bermain bersama cucu pertamanya, Jan Ethes.

Dalam video yang diunggah oleh Presiden Jokowi sendiri di akun Youtube-nya, beliau menceritakan bagaimana pengalaman bermain bersama sang cucu saat sedang berada di Solo, Jawa Tengah. Video yang berdurasi sekitar 1,5 menit tersebut menggambarkan kedekatan antara seorang kakek dan cucunya.

Baca juga: Mengapa Harus Mengenalkan Anak pada Keluarga Besarnya?

Tampak Presiden Jokowi mengajak Ethes yang berusia satu tahun itu bermain bersama. Mulai dari bermain pedang-pedangan, bermain bola hingga bermain air di kolam renang yang masih berada di kawasan kediaman pribadinya. Dengan menggunakan kemeja putih dan sarung, Presiden Jokowi tampak akrab dan luwes bermain dengan Ethes yang sangat menggemaskan!

Memang anak perlu banyak bermain dan memiliki waktu bersama kakek, nenek atau anggota keluarga lain di luar Ayah dan Ibu. Ada banyak manfaat ketika mereka sering bermain atau bertemu dengan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Ini 6 Kekhawatiran Orangtua Bila Anak Diasuh Kakek Neneknya

Sosok kakek maupun nenek dapat menjadi panutan dan pengaruh positif terhadap anak. Mereka bisa memberikan nuansa warisan budaya maupun sejarah keluarga. Artinya, anak akan jadi tahu asal usul keluarga dan lebih mengenal keluarga dengan bantuan kakek.

Selain itu, kakek dan nenek juga akan memberikan perhatian dan cinta yang membuat si kecil jadi merasa aman. Apalagi jika kakek dan nenek sering mengajak si kecil bermain. Hal ini akan meningkatkan perkembangan otak anak yang sedang berkembang.

Baca juga: Kompak Dengan Kakek-Nenek 

Hubungan antara anak dan kakek nenek terbukti membawa dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Hal ini diungkapkan sebuah studi yang diterbitkan Child Indicators Research pada 2016. Anak yang dekat dengan kakek dan nenek terlihat membawa perkembangan yang positif.

Ada banyak cara untuk mendekatkan si kecil dengan kakek dan neneknya. Apa yang dilakukan Presiden Joko Widodo salah satunya. Selain meningkatkan kunjungan ke rumah kakek dan nenek, Ibu bisa memanfaatkan teknologi seperti video call agar si kecil tetap dekat dengan kakek nenek.