Hamil Anak Pertama, Tak Disangka Rinni Wulandari Terkena Penyakit Ini

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 19 September 2017 | 02:15 WIB
Masalah hormon saat hamil muda yang mungkin terjadi (Santi Hartono)

Nakita.id – Artis jebolan sebuah ajang pencarian bakat ini menikah pada Mei 2017 silam. Kini, ia sedang mengandung anak pertamanya. Saat menjalani kehamilan pertama, tak disangka Rinni Wulandari mengalami sebuah penyakit.

Dalam Instagram stories miliknya, Rinni menceritakan bahwa sudah beberapa hari jempol tangannya terasa nyeri jika ditekuk. Saat pergi ke dokter siapa sangka nyeri yang dirasakannya itu berasal dari hormon kehamilan.

Memang selama hamil, Ibu akan mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan. Hal ini akan menyebabkan berbagai masalah, salah satunya yang dialami oleh Rinni. Radial Tenosynovitis, merupakan nama medis dari penyakit tersebut.

Baca juga: Hormon Tiroid Kurang Sebabkan Sulit Hamil 

Karena sedang hamil, Rinni tak bisa mengonsumsi obat untuk mengatasi penyakit yang ia alami. Dokter hanya menganjurkan Rinni menggunakan alat untuk menyangga jempolnya agar tak banyak bergerak. Menurut dokter, penyakit ini akan hilang setelah Rinni tak lagi melewati masa kehamilannya.

Dilansir dari Mayo Clinic, memang salah satu cara mengatasi penyakit ini adalah mengurangi gerakan jempol apalagi gerakan yang berulang. Penyakit ini sangat rentan terjadi pada orang banyak menggunankan jempolnya dalam kehidupan sehari-hari misalnya orang yang senang bermain golf atau yang bekerja di kebun.

Baca juga: Cara Alami Meningkatkan Hormon Progesteron Saat Hamil 

Tak heran jika penyakit ini juga rentang dialami Ibu yang memiliki bayi. Ibu akan sering menggendong bayi dan menggunakan jempol untuk mengasuhnya. Begitu pula dengan Ibu hamil yang mengalami kenaikan hormon estrogen.

Perempuan akan lebih banyak menghasilkan estrogen selama kehamilan. Hal ini akan membantu perkembangan janin selama di dalam rahim seperti memperbaiki pembuluh darah agar asupan darah, nutrisi dan oksigen ke janin berjalan normal.

Baca juga: Mengenal Hormon-Hormon Kehamilan 

Estrogen juga berperan penting agar janin berkembang dan matang. Sayangnya estrogen juga membuat Ibu jadi sulit bergerak. Ligamen yang lebih longgar akibat hormon ini membuat Ibu hamil lebih berisiko mengalami keseleo serta ketegangan pada pergelangan kaki dan lutut. Begitu pula dengan bagian jempol yang jadi berisiko bermasalah.

Nah, Ibu tak perlu khawatir dengan masalah yang ditimbulkan akibat perubahan hormon. Perubahan yang terjadi ini normal-normal saja, kok. (*)