Ingin Batita Cepat Membaca? 4 Langkah Stimulasi Ini Perlu Dicontoh, Bu!

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 19 September 2017 | 03:30 WIB
Bolehkah Membacakan Kisah Seram pada Anak Balita? (Santi Hartono)

Nakita.id - Semua ibu tahu pentingnya membaca untuk anak-anak, terutama mereka yang siap untuk masuk Taman Kanak-kanak. Tapi bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini?

Mungkin di usia batita, anak memang lebih ingin bermain dan mengekspor segala hal dibandingkan hanya berdiam diri dengan buku bacaannya.

Namun, ada banyak cara agar anak minat membaca sehingga nantinya kemampuan dalam membacanya pun semakin terasah. Misal, dengan melakukan rutinitas mendongeng sebelum tidur.

Bila Ibu masih bingung dan kesulitan, yuk coba langkah-langkah ini! Dijamin anak bisa baca dengan cepat.

Baca juga : Agar Anak Bisa Cepat Membaca

1. Baca sendiri.

Beberapa kenangan paling awal yang dimiliki setiap anak adalah tindakan dan kejadian yang mereka lihat berulang kali. Karenanya, anak secara perlahan tertarik untuk membaca dimulai ketika orangtuanya juga senang membaca.

Luangkan waktu setiap hari untuk membaca sesuatu, seperti koran, majalah, buku, bahkan resep masakan. Batita senang meniru orangtua , jadi biarkan kegemaran membaca itu menular. 

2.  Seringlah membaca bersama anak.

Batita memang memiliki rentang perhatian yang pendek, tapi buku dengan sedikit tulisan dan buku bergambar adalah sarana terbaik untuk menumbuhkan minat anak. Biarkan mereka membantu membalik halaman dan menunjuk ke objek yang mereka lihat.

Jika anak coba memanjat ke pangkuan Ibu saat sedang belajar atau membaca, beritahu mereka tentang apa yang kita baca.

Baca juga : Agar Anak Cepat Menguasai Kata dan Kalimat