Agar Psoriasis Tidak Meradang Saat Hamil, Ini yang Bisa Ibu Lakukan

By Dini Felicitas, Senin, 25 September 2017 | 01:00 WIB
Kebanyakan krim yang diaplikasikan langsung ke area yang mengalami psoriasis terbilang aman. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Dalam kebanyakan kasus, gangguan psoriasis atau peradangan kronis pada kulit akibat gangguan autoimun tidak berpengaruh besar terhadap kehamilan yang Ibu jalani. Namun, gangguan ini bisa berdampak terhadap jenis pengobatan ataupun pencegahan yang selama ini dilakukan, misalnya konsumsi obat-obatan.

Bila kondisi Ibu selama hamil tidak mengalami banyak perubahan, gejala psoriasis dapat berkurang atau malah tidak kambuh sama sekali selama hamil. Namun, hal ini bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis psoriasis yang diderita, tingkat keparahannya atau jenis pengobatan yang tengah dijalani.

Ada kemungkinan, selama hamil Ibu tidak perlu berhenti minum obat untuk mengendalikan gangguan psoriasis. Namun, yang perlu diperhatikan, sejumlah obat-obatan bisa jadi tidak aman untuk bayi yang ada di kandungan. Berikut ini adalah beberapa jenis obat-obatan dan terapi untuk psoriasis dan pengaruhnya terhadap kehamilan:

1. Krim dan salep Kebanyakan krim yang diaplikasikan langsung ke area yang mengalami psoriasis terbilang aman untuk digunakan selama hamil. Begitu juga dengan jenis pelembap dan salep lainnya yang sering diresepkan untuk mengatasi psoriasis.

Salep yang mengandung steroid aman untuk digunakan bila dalam dosis rendah. Namun, sebaiknya salep ini tidak dioleskan di area dekat payudara jika Ibu menyusui.

2. Alat fototerapi ultraviolet B (UVB) Bila diaplikasikan di area tubuh yang terkena psoriasis, alat fototerapi ultraviolet jenis narrow-band dan broad-band dianggap aman dan tidak berdampak terhadap kehamilan.

3. Obat-obatan Beberapa jenis obat-obatan, seperti oral retinoid, methotrexate, dan cyclosporine sebaiknya dihindari selama masa kehamilan dan menyusui. Kecuali, dokter memang mengharuskan Ibu mengonsumsi jenis obat ini berdasarkan pertimbangan adanya indikasi medis yang lebih mendesak dibandingkan risiko yang bisa diterima oleh bayi.

Supaya bisa menjalani masa kehamilan dan menyusui tanpa harus khawatir psoriasis kambuh, sebaiknya Ibu pastikan masa ini dilalui dengan tenang dan nyaman. Beberapa hal ini bisa Ibu lakukan agar selalu nyaman selama hamil:

* Hindari stres, sebab hal ini bisa membuat psoriasis mudah kambuh. * Lebih banyak terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari bisa meredakan peradangan dan pembengkakan di area kulit. Selain menggunakan alat terapi cahaya, coba nikmati sinar matahari di luar sekitar 10-15 menit. * Gunakan pelembap mengandung petroleum jelly, yang aman untuk dipakai selama hamil. Pelembap jenis ini juga bisa digunakan saat kulit mengalami peradangan untuk meredakan gejala.