Berita Kesehatan : Wanita Inggris Sudah Bisa Lakukan Pap Smear Sendiri di Rumah

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 14 Desember 2018 | 14:34 WIB
Pemeriksan pap smear di Inggris kini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mencegah kanker serviks. (designer491)

Nakita.id.- Pemeriksaan pap smear sangat dianjurkan untuk setiap perempuan yang telah aktif secara seksual untuk mencegah kanker serviks sedini mungkin.

Tetapi faktanya, masih banyak perempuan yang menunda, bahkan menolak melakukannya dengan alasan takut atau malu.

Baca Juga : Perempuan Bisa Turunkan Risiko Kanker Serviks Jika Gunakan Hal Ini

Ada kabar baik, pemerintah Inggris di bawah Departemen Kesehatan, baru-baru ini mempertimbangkan agar kaum perempuan bisa melakukan pap smear sendiri di rumah dalam rangka meningkatkan jumlah skrining kanker serviks.

Profesor Anne Mackie, direktur skrining di Public Health England mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan konsultasi untuk mempertimbangkan manfaat dari pap smear sendiri di rumah bagi perempuan.

Pengumuman ini menyusul penelitian baru-baru ini yang dipublikasikan di British Medical Journal, yang mengungkapkan bahwa melakukan pap smear sendiri dapat meningkatkan jumlah orang yang melakukan skrining, sehingga meningkatkan kemungkinan deteksi prakanker dan potensi kanker serviks lebih dini.

Baca Juga : Studi: Hamil Pertama Sebelum Usia 25 Perkecil Risiko Kanker Payudara

Dilansir dari laman The Independent, Jo's Cervical Cancer Trust melaporkan bahwa jumlah perempuan yang melakukan pemeriksaan kanker serviks di Inggris turun menjadi 71,4% dibandingkan 2017 lalu yang mencapai 72% dan 73,7% pada 2011.

Badan amal itu juga menemukan bahwa satu dari empat perempuan menghindari pap smear di klinik atau rumah sakit karena alasan malu.