Ibu di Rumah Melulu, Bayi Bisa Stres. Percayalah!

By je, Kamis, 5 Oktober 2017 | 07:00 WIB
Sering menangis atau rewel adalah salah satu tanda bayi stres. (Santi Hartono)

Nakita.id - Menurut Dra. Mayke S. Tedjasaputa, M.Si. dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, bayi yang ditinggal orangtuanya bisa mengalami stres karena kehilangan rasa aman. Bukan berarti bayi yang ibunya berada di rumah melulu akan terhindar dari stres, lo.

Baca juga: Kenapa Anak Bisa Stres?

Bayi-bayi yang selalu ditunggui dan diberi perlindungan berlebihan malah jadi gampang stres karena rentan terhadap perubahan. Bayi-bayi seperti ini akan tumbuh menjadi anak yang pencemas, kurang pergaulan, kurang percaya diri dan sebagainya. Meski begitu, mengingat faktor usia, kondisi tersebut masih sangat mungkin diperbaiki. Dengan dilatih menghadapi berbagai situasi, bayi/anak jadi tidak mudah stres.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, penyebab lainnya stres pada bayi adalah:

1. Sakit

Bayi yang sedang sakit mungkin saja mengalami stres. Pasalnya, saat sakit, ada sesuatu yang dirasakan tidak nyaman oleh tubuhnya.

Pencegahan: Dengan mengoptimalkan daya tahan tubuhnya. Kalau tubuh si kecil sehat, tentu penyakit tidak gampang menyerang dan sekaligus menghindarkannya dari stres yang mungkin saja timbul. Itulah mengapa, ASI yang mengandung zat kekebalan tubuh alami bagi bayi amat dianjurkan.

Penanganan: Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan pengobatan secara medis dengan membawanya ke dokter. Saat bayi rewel, Ibu dapat memeluknya dan menenangkannya. Selain itu, untuk menghiburnya, Ibu bisa mengajaknya bermain sesuai dengan kondisi fisik bayi saat itu.

2. Perubahan dari luar.

Salah satu contoh perubahan dari luar yang dapat mengganggu fisik bayi adalah perubahan cuaca yang sangat drastis. Misalnya, terlalu panas, terlalu dingin, atau sangat panas di siang hari tapi teramat dingin di malam hari. Kondisi tak menentu seperti ini bisa menjadi penyebab stres pada bayi.

Pencegahan: Kalau kondisi tersebut dirasa mengganggu bayi, Ibu bisa mengantisipasi dengan menyediakan perlengkapan yang diperlukan, seperti jaket, selimut, AC, kipas angin, dan sebagainya.

Penanganan: Saat kondisinya terlalu dingin, berikan selimut tambahan. Kalau terlalu gerah, bisa memasang kipas angin atau AC. Intinya, segera atasi ketidaknyamanan tersebut sebelum berujung menjadi stres.