Berat Badan Ternyata Pengaruhi Kesuburan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 16 Oktober 2017 | 11:00 WIB
Berat Badan Pengaruhi Kesuburan (Santi Hartono)

Nakita.id - Berat badan sangat berpengaruh pada kesuburan, mengapa? Jika tubuh terlalu kurus, tidak baik. Sebab akan lumayan banyak risiko penyakit.

Tubuh juga akan kekurangan zat-zat  yang diperlukan yang akhirnya berpengaruh pada siklus haid.

Sebab menurut MT. Indiarti dalam bukunya Tips Agar Cepat Hamil, untuk bisa hamil dibutuhkan 22% lemak tubuh untuk pertumbuhan dan kepentingan reproduksi lainnya.

Baca juga : Ini Dampak Tuberkulosis Terhadap Kesuburan

Bahaya tubuh kurus untuk kesehatan ini jarang dibahas karena jumlah orang kurus kurang, dibandingkan dengan orang gemuk.

Sedangkan jika tubuh terlalu gemuk juga tidak baik, sebab terlalu banyak lemak juga akan sulit hamil.

Ketika kondisi berat badan mengalami masalah, seperti terlalu gemuk atau terlalu kurus, disarankan untuk Ibu mengubah gaya hidup terlebih dahulu. 

Baca juga : Asma Berdampak Pada Kesuburan | Nakita.Grid.ID

Jika Ibu mengalami kelebihan berat badan, mulailah untuk berolahraga scara teratur, tapi perlu diingat, jangan lakukan olahraga terlalu berat, Ibu bisa memilih berolahraga aerobik setidaknya setengah jam dalam sehari. 

Berjalan 30 menit per hari, sebab olahraga ini dapat meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke pelvis dan organ reproduksi.

Perbanyak konsumsi buah dan suyuran, serta makan lah makanan yang mengandung asam folat, mineral, dan antioksidan. 

Untuk Ibu dengan kondisi badan terlalu kurus, Ibu bisa mulai dengan memakan makanan bergizi, terutama yang kaya akan protein. 

Baca juga : Berat Badan Ideal Sebelum Hamil

Namun, bagi Ibu yang sedang berusaha untuk menurunkan atau bahkan menaikan berat badan, tentu butuh waktu dan komitmen dalam menjalankannya, sehingga nantinya Ibu bisa memperoleh hasil yang diinginkan dan salah satunya adalah memperoleh kesuburan yang lebih baik.  (*)