5 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Ibu Super Sibuk Agar Tetap Bugar Mengasuh Anak dan Mengelola Pekerjaan Rumah Tangga

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 17 Oktober 2017 | 00:30 WIB
Apakah ada makanan rendah kalori tapi bikin kenyang? Ini jawabannya! (Heni Wiradimaja)

Nakita.id- Salah satu tantangan terbesar menjadi orang yang bekerja di luar rumah ialah keinginan besar untuk jajan makanan, yang nutrisinya belum tentu memenuhi kebutuhan Ibu.

Tapi, ahli gizi Australia Susie Burrell percaya ada cara untuk mengelola makanan dengan cara tepat demi tuntutan kehidupan yang sibuk, tanpa membiarkan nutrisi hilang dari tubuh seluruhnya.

"Orang yang sibuk membutuhkan platform nutrisi yang kuat untuk memastikan mereka tampil sebaik mungkin setiap hari," tulisnya Susie di blog-nya.

Berikut nutrisi penting yang Ibu butuhkan dalam makanan sehari-hari agar energi dan kehidupan tetap berada pada tingkat optimal.

(Baca juga : 6 Cara Mengajarkan Prasekolah Mengenal Pola Makan Sehat)

1# Zat Besi 

Pastikan pola makan kaya zat besi sebagai prioritas utama, terutama karena kekurangan zat besi adalah salah satu kekurangan gizi paling umum pada perempuan yang terjadi di Australia, kata Susie.

Pakar nutrisi menulis, zat besi dapat ditemukan dalam berbagai makanan termasuk biji-bijian dan kacang-kacangan. Bagi mereka yang makan daging, Susie menyarankan potongan kecil daging dalam jumlah kecil, dua sampai tiga kali seminggu.

"Sajian kecil daging cincang, potongan daging domba, potongan sosis kecil atau beberapa bakso adalah pilihan kaya zat besi untuk meningkatkan asupan Ibu," katanya.

Jika pola makan Ibu tidak berbasis daging, rekomendasinya adalah untuk meningkatkan bagaimana tubuh menyerap zat besi dengan mengonsumsi Vitamin C. Makanan seperti jeruk (jus jeruk), sayuran hijau pun dapat membantu.

2# Lemak Omega 3

Lemak Omega 3 adalah kunci untuk fungsi otak yang optimal dan penting untuk menjaga kesehatan jantung kita. Sementara salmon dianggap sebagai sumber lemak Omega 3 yang kaya untuk bisa dikonsumsi sehari-hari.