Tak Takut Anak Terluka, Andien Bebaskan Anaknya Lakukan Ini untuk Stimulasi Otot-ototnya

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 17 Oktober 2017 | 05:30 WIB
Tak Takut Anak Terluka, Andien Bebaskan Anaknya Lakukan Ini untuk Stimulasi Otot-ototnya (Santi Hartono)

Nakita.id - Merangkak adalah metode pertama bayi untuk berkeliling di sekitar ruangan secara efisien dengan sendirinya. Pada umumnya, merangkak dimulai dengan bayi belajar menyeimbangkan tangan dan lututnya.

Lalu bayi akan mencari tahu bagaimana cara melangkah maju dan mundur dengan mendorong lututnya. Pada saat bersamaan, cara ini akan memperkuat otot yang akan segera memungkinkannya berjalan.

Fase ini rupanya sedang dijalani bayi laki-laki dari penyanyi Andien Aisyah. Anaku Askara Biru atau yang akrab disapa Kawa ini baru genap berusia 9 bulan, namun otot-otot tangan serta lututnya sudah sangat kuat untuk menaiki tangga.

(Baca juga : Kapan Bayi Mulai Merangkak)

Hal ini terungkap setelah sang ibunda mengunggah video Kawa merangkak menaiki tangga hingga tangga paling atas pada Selasa (17/10/2017).

Dalam video tersebut, Kawa tampak begitu semangat memanjat anak tangga satu per satu tanpa henti, walau sesekali menengok ke belakang untuk melihat sang ibu.

Perlu Ibu tahu, sebagian besar bayi belajar merangkak antara usia 7 bulan dan 10 bulan. Jika bayi menggunakan lengan dan kakinya sama-sama di kedua sisi tubuhnya dan belajar mengoordinasikannya, bayi mungkin akan cepat merangkak.

Awalnya, bayi mulai merangkak setelah ia bisa duduk dengan baik tanpa dukungan apa pun. Setelah itu, bayi bisa mengangkat kepalanya untuk melihat-lihat, dan otot lengan, kaki, dan punggungnya cukup kuat untuk mencegahnya terjatuh ke lantai saat ia berdiri di atas kedua lutut dan tangannya.

(Baca juga : Bayi Merangkak Mundur, Normalkah)

Selama beberapa bulan, bayi secara bertahap akan belajar untuk bergerak dengan percaya diri dari posisi duduk untuk berada di posisi berdiri.

Sekitar usia 9 atau 10 bulan, bayi akan tahu bahwa mendorong dengan lutut memberinya dorongan yang ia butuhkan untuk maju berpindah tempat. Karena telah mahir, ia akan melanjutkan belajar dari posisi merangkak kembali ke posisi duduk.