Wajib Tahu! Hindari 8 Makanan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma Suami dan Bikin Sulit Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 17 Oktober 2017 | 08:00 WIB
Alasan Pria Lebih Cepat Orgasme Dibanding Wanita (Puri)

Nakita.id - Jika Ibu dan pasangan sedang mencoba untuk melakukan program hamil, maka sebaiknya hindari makanan yang bisa merusak kualitas sperma ini untuk membuat konsepsi lebih mudah! Berikut 8 makanan yang sebaiknya dihindari suami:

1. Permen dan minuman ringan. Terlalu banyak gula tidak hanya bisa membuat pria kelebihan berat badan dan berisiko tinggi mengalami masalah jantung.

Tapi, banyak mengunyah permen atau mengonsumsi kola dan minuman dengan tambahan pemanis buatan juga bisa menurunkan jumlah sperma dan kualitas sperma. Itulah mengapa penting untuk pria bisa mengendalikan asupan gula.

(Baca juga : 10 Tip Bila Ingin Kehamilan Cepat dan Sehat)

2. Daging olahan. Daging olahan seperti sosis, hotdog, dan daging ham memiliki banyak bahan pengawet yang bisa merusak kualitas sperma.

Beberapa daging olahan juga mengandung lebih banyak hormon daripada daging biasa, dan dengan demikian dapat memengaruhi kadar testosteron pria.

3. Makanan kalengan. Kaleng dilapisi dengan BPA, bahan kimia yang dapat memiliki efek yang mirip dengan estrogen. Karena hal ini, dampak buruknya dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma pasangan Ibu.

(Baca juga : Tidur Cukup Membuat Ibu Lebih Mudah Hamil)

4. Jeroan. Siapa yang tak suka dengan jeroan? Pria, terutama tentu favorit dengan makanan ini. Daging organ seperti hati, usus, dan sebagainya mungkin enak, tapi tidak baik untuk sperma. Alasannya karena kaya akan kadmium, mineral yang mempengaruhi jumlah sperma pria.

5. Alkohol. Segelas bir saja dapat meningkatkan estrogen dalam tubuh yang mampu menurunkan jumlah sperma. Minuman beralkohol juga memengaruhi kesehatan organ hati pria, jadi sebaiknya hindari sebisa mungkin.

6. Produk kedelai. Kedelai mungkin sehat dan lezat, tapi jika Ibu dan suami sedang mencoba untuk hamil, mungkin ada baiknya berhenti mengonsumsi banyak makanan berbasis kedelai. Mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar dapat meniru efek estrogen di tubuh, yang menyebabkan jumlah sperma lebih rendah.

(Baca juga : Jangan Suka Mengangkat Barang Berat Kalau Ingin Cepat Hamil)

7. Susu penuh lemak. Pestisida dan bahan kimia dari lingkungan terkadang bisa dimakan oleh sapi, yang mengikat lemak di tubuh sapi dan juga masuk ke dalam susu. Bahan kimia ini kemudian dapat menyebabkan masalah sperma seperti memiliki sperma berkualitas rendah. Jadi lebih baik meringankan asupan harian susu untuk para pria jika Ibu mencoba untuk hamil.

8. Buah dan sayuran dengan pestisida dan pengawet. Pestisida dan bahan pengawet mungkin bagus bila harus menjaga sayuran agar tetap segar dan bebas dari serangga, tapi ini bisa berdampak buruk pada tubuh manusia. Beberapa pestisida telah diketahui menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Jadi lebih baik mengonsumsi sayuran organik dan buah-buahan sehingga Ibu dapat yakin bahwa makanan yang dimakan bebas dari bahan kimia berbahaya. (*)