Kulit Sehat dan Berseri-seri Ternyata Dipengaruhi dari Kebiasaan Mandi, Begini Penjelasan Pakar

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 18 Oktober 2017 | 05:00 WIB
Ini Bahayanya Bila Ibu Hamil Mandi Air Hangat (Ipoel )

Nakita.id - Baru-baru ini, seorang fashion designer asal Inggris, Vivienne Westwood menjadi berita utama lantaran mengungkapkan rahasia untuk tetap awet muda.Ternyata rahasianya cuma satu,  yaitu hanya mandi seminggu sekali. Wow!

"Aku tidak terbiasa dengan kebiasaan mandi," jelas Vivienne pada seorang reporter di Paris. "Aku hanya mencuci rambutku dan bergegas keluar di pagi hari," lanjutnya.

Dengan pemikiran ini, ahli dermatologi yang berbasis di Sydney, Natasha Cook, memutuskan untuk melihat masalah ini, dan menanyakan apakah sebenarnya kita harus mandi lebih jarang untuk kulit yang berseri-seri.

(Baca juga : Seberapa Sering Anak-Anak Perlu Mandi dalam Sehari)

Natasha mengakui bahwa mandi setiap hari 'tidak menjadi masalah' sama sekali. Namun penggunaan sabun secara berlebihan dapat merusak kulit yang sehat.

'Jangan gunakan sabun!,' tulisnya di unggahan blog miliknya. Natasha menambahkan, ”Sabun mengandung surfaktan - bahan yang membuat produk busa. Produk busa bisa mengelupas kulit, keausan dan kerusakan lapisan penghalang dan fungsi epidermal. Lapisan ini sangat penting untuk kulit sehat.”

(Baca juga : Langsung Mandi Setelah Makan Berbahaya bagi Kesehatan, Benarkah)

Sebagai gantinya, dokter kulit terkemuka mengatakan bahwa perempuan harus mencoba dan memilih produk bebas sabun, meskipun Ibu juga harus mewaspadai hal ini.

”Ingat, air tidak memberi kelembapan pada kulit. Sebenarnya, dibutuhkan kelembapan dari kulit saat menguap. Proses penguapan mengeluarkan kelembapan dari lapisan penghalang epidermal dan fungsi pelindung kulit,” tutur  Natasha.

"Penting untuk melembapkan langsung setelah mandi saat kulit Ibu masih lembab untuk mencegah pengeringan oleh penguapan," saran Natasha.

Natasha juga melihat, apakah Ibu harus mandi di pagi hari atau malam hari untuk mendapatkan kulit yang bagus dan ternyata keduanya memiliki manfaat dan kerugian.

"Banyak orang - terutama para pekerja senam (atlet) dan pekerja kantor menikmati mandi di pagi hari untuk membangunkan tubuh, membuat sirkulasi darah berjalan dan terasa segar untuk hari-hari," katanya.