Ternyata, Cuka Apel Bisa Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol!

By je, Kamis, 19 Oktober 2017 | 01:30 WIB
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan (je)

Nakita.id – Bagi para ibu, sepertinya cuka apel tak asing lagi, ya. Namun tahukah, Ibu, cuka apel ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan? Salah satunya, cuka apel dapat menurunkan berat badan dan kolesterol.

Cuka apel merupakan bahan alami yang bersifat antibakteri, mengandung banyak potasium, klorin, sodium, sulfur, tembaga, zat besi, kalsium, magnesium, fosfat, dan flourine yang merupakan mineral penting untuk membentuk kondisi tubuh sehat. 

Baca juga: Deteksi Kesehatan Anak Lewat Bentuk Tinja

Cuka apel memiliki sejarah yang panjang. Pada zaman Yunani kuno, kebanyakan dokter menggunaan cuka apel untuk mengobati luka. Namun dalam beberapa tahun terakhir, beberapa peneliti menemukan manfaat positif cuka apel bagi tubuh. 

* Menurunkan berat badan. 

Cuka apel diklaim dapat menurunkan berat badan, karena cuka apel dapat meredam nafsu makan dan membakar lemak. Namun, perlu diwaspadai rasa asam cuka apel berisiko memberikan masalah pencernaan bagi mereka yang belum terbiasa mengonsumsinya. 

Tidak dianjurkan untuk meminum cuka apel secara langsung, Ibu bisa mencampurkan cuka apel dalam masakan, memanggang, dan bisa juga dicampurkan pada salad. Kebanyakan orang lebih memilih mencampurkan satu atau dua sendok cuka apel ke dalam air putih atau teh. Sila dipilih mana yang lebih Ibu sukai. 

* Menekan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol jahat bisa meningkatkan risiko Ibu terkena beberapa penyakit, seperti jantung dan hipertensi. Nah, kandungan asam asetat dalam cuka apel dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hanya saja, manfaat ini masih bersifat mitos, karena belum ada penelitian pasti. 

Baca juga: Wajib Tahu, Cuaca Ternyata Berpengaruh Terhadap Mood dan Kesehatan Manusia

* Bermanfaat bagi gula darah dan diabetes.

Mengonsumsi cuka sebelum makan bisa membantu memperlambat aliran gula ke darah. Meskipun manfaat ini dinilai sebagai fakta, tetapi lebih baik cuka apel jangan dijadikan pilihan utama. Yang lebih dianjurkan adalah terapkan pola makan sehat, agar tekanan gula darah dapat terkontrol.