Wajib Dicoba, 9 Ramuan Alami Dari Dapur Yang Bisa Cerahkan Leher Menghitam!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 25 Oktober 2017 | 01:15 WIB
9 Obat Alami yang Bisa Ibu Temukan di Dapur yang Ampuh Cerahkan Area Leher yang Gelap (Santi Hartono)

Nakita.id - Sebagian besar dari kita mungkin telah berusaha keras untuk membuat kulit wajah tampak lebih mulus, cerah dan sehat setiap saat. Namun, Ibu jadi tidak memerhatikan daerah leher. Padahal, seperti kulit wajah, kulit di area leher juga membutuhkan perawatan yang terdiri dari cara membersihkan, mengencangkan dan melembapkan.

Hiperpigmentasi kulit pada daerah leher bisa menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Beberapa faktor seperti kebersihan diri yang buruk serta masalah kesehatan dapat menyebabkan kondisi kulit yang tidak sedap dipandang.

Dalam kebanyakan kasus, penyebab utama leher gelap dikarenakan kurangnya perawatan yang tepat pada daerah leher. Buktinya, sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah merek perawatan tubuh terkemuka di AS menyebutkan, sebanyak 8 dari 10 orang masih saja mengabaikan daerah leher. Akibatnya, leher yang gelap telah menjadi kondisi yang sangat umum.

Untuk mengatasinya, gunakan 9 obat alami ini yang diyakini mengandung zat pemutih kulit alami yang memainkan peran penting dalam proses pencerahan kulit. Berikut daftarnya!

(Baca juga : Agar Kulit Tidak Hitam dan Kusam Saat Hamil)

1. Serbuk cendana. Obat rumahan yang banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional ini kaya akan vitamin dan nutrisi yang bisa mencerahkan leher yang gelap.

Campur 1 sendok teh bubuk cendana dengan 2 sendok teh air mawar dan oleskan campuran yang dihasilkan ke seluruh leher. Biarkan kering selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air suam-suam kuku.

2. Santan kelapa. Obat alami lain yang telah teruji dan bekerja efektif memerangi masalah leher gelap adalah santan.

Bersihkan leher dengan air suam-suam kuku. Lalu, rendam kapas di santan. Oleskan kapas yang telah direndam tersebut di bagian leher dan biarkan selama setengah jam. Bilas dengan air dingin. Ulangi penggunaannya setiap hari untuk mencapai kulit lebih cerah pada daerah leher.

3. Tepung beras. Tepung beras mengandung pemutih kulit alami yang bisa membantu mengatasi perubahan warna kulit dengan cara yang efektif.

Campur 1 sendok teh tepung beras dengan 2 sendok teh air mawar, kemudian oleskan bahan tersebut ke daerah leher. Cuci bersih setelah 20 menit. Lakukan ini sekali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

(Baca juga : Kulit Bersih Tanpa Jerawat. Ini Rahasianya)