Wajib Tahu! Begini Tumbuh Kembang Bayi di Usia 9 Bulan

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 27 Oktober 2017 | 08:00 WIB
Cara Aman Mengajarkan Anak Berjalan (Ipoel )

Nakita.id - Bayi yang menginjak usia di atas 6 bulan biasanya sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat, mampu merangkak, dan aktif dengan lingkungan sekitarnya. 

Namun yang harus disadari ialah peran orangtua yang wajib selalu mengawasi anaknya agar terhindar dari bahaya. Supaya enggak kecolongan, berikut gambaran tumbuh kembang bayi saat beranjak usia 9 bulan!

Baca juga : 12 Momen Emas Bayi yang Sebaiknya Jangan Dilewatkan

Tidur

Bayi usia 9 bulan membutuhkan benda-benda yang bertekstur lembut sebagai pendamping tidurnya. Biasanya, orangtua memberikannya selimut kecil yang berbahan halus atau bahkan beberapa pakaian bayi.

Benda-benda ini ternyata memberikan rasa aman serta kenyamanan agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak.Kebiasaan tidur bayi ini biasanya akan terjadi di paruh kedua tahun pertamanya dan bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Namun, ketika benda kesayangan tersebut hilang atau tertinggal, bayi akan mulai rewel dan susah tidur. Bahkan, ia tidak mau digantikan dengan benda lainnya.

Untuk mengatasi hal di atas, sediakan dua hingga tiga barang yang sama persis untuk dikenalkan pada anak, sehingga bila barang tersebut hilang atau tertinggal, anak masih bisa tidur dengan nyenyak.

Bila Ibu tidak dapat menemukan barang yang sama persis, temukan sesuatu dan dekatkan dengan bayi. Bayi usia ini rata-rata membutuhkan 14 jam tidur dalam sehari.

Baca juga : Pola Tidur Bayi Usia 6 Bulan Sampai 9 Bulan

Tingkah Laku

Bayi di usia yang ke-9 bulan akan cepat tumbuh dan berubah sepanjang waktu dan Ibu mungkin menemukan cara dalam hal memenuhi semua kebutuhan anak.