Ingin Menyusui karena Bayinya Demam, Seorang Ibu Panik ASI-nya Berubah Warna. Ternyata Ini Penyebabnya

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 6 November 2017 | 01:30 WIB
Ingin Menyusui karena Bayinya Demam, Seorang Ibu Panik ASI-nya Berubah Warna. Ternyata Ini Penyebabnya (Santi Hartono)

Nakita.id - Seorang ibu bernama Ashlee Chase mengunggah foto-foto ASI yang warnanya berbeda secara online dan mendapatkan sejumlah reaksi beragam dari para netizen.

Awalnya ia cukup kaget bahwa ada sesuatu yang salah saat ASI miliknya berubah warna, sehingga membuat dia khawatir jika ada yang tidak beres.

Ashlee, ibu dari bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Elliot kemudian menunjukkan perubahan warna susunya dari yang berwarna putih sampai kuning agak krem ??dalam waktu tiga hari.

Dia menjelaskan bahwa putrinya telah terserang demam dan ketika Ashlee hendak menggunakan pompa payudara, dia melihat adanya perbedaan mencolok pada air susunya.

Walhasil, ia kemudian berkonsultasi dengan seorang dokter anak yang berhasil menjelaskan alasan menakjubkan dari perubahan warna ASI.

Ashlee mengatakan, ASI-nya "menyesuaikan diri" dengan penyakit Elliot, dengan cara menambahkan ekstra lemak dan antibodi untuk membantunya sembuh lebih cepat. Ia menambahkan, air liur bayi bisa memberikan tanda ke tubuh ibu saat bayi membutuhkan antibodi tertentu.  Teori membuktikan bahwa tubuh ibu yang menyusui bisa mendeteksi kuman melalui air liur bayi.

Baca juga : Penyebab ASI Berbau Asam yang Bikin Bayi Enggan Menyusu

Katie Hinde, seorang ahli biologi dan profesor di Center for Evolution and Medicine di Arizona telah mempelajari fenomena tersebut dan menuturkan, "Jika reseptor kelenjar susu mendeteksi adanya patogen, mereka memaksa tubuh ibu memproduksi antibodi untuk melawannya, dan antibodi tersebut terbentuk melalui ASI dan kembali ke tubuh bayi, di mana mereka menargetkan infeksi. "

Namun, beberapa ibu memperdebatkan klaim Ashley di pos Facebook-nya. 

Geraldine Tan mengatakan, "Perubahan warna ASI menjadi kuning dipengaruhi oleh asupan makanan. Kemungkinan ibu menyusui mengonsumsi makanan seperti wortel, labu, jeruk, bayam, kangkung atau makanan yang kaya Vitamin B2 seperti sereal, sayuran berdaun, telur, daging tanpa lemak, dan susu yang menghasilkan ASI kuning.”

Ada pula yang mengatakan bahwa warna ASI yang menguning disebabkan karena beku.

Baca juga : Lihat, ASI Berubah Ketika Si Kecil Sakit, Punya Efek Menyembuhkan