10 Manfaat Tak Terduga Minum Campuran Baking Soda dan Air! Tertarik Mencoba?

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 7 November 2017 | 03:00 WIB
Konsumsi Minuman Es Bikin Gendut (Ipoel )

Nakita.id - Baking soda (sodium bicarbonate) kita kenal sebagai bahan pembuat kue atau roti tenyata punya manfaat lain, yaitu meringankan gejala banyak masalah kesehatan seperti diare, keasaman, toksifikasi obat dalam tubuh, asidosis metabolik dan tukak lambung.

Baking soda  juga diketahui memiliki sifat antipuritus dan juga membuat kulit kita makin terlihat sehat dan bercahaya. Bahan  yang  mengandung sodium ini juga dinilai mencegah hiperkalemia, batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Ibu perlu tahu, meminum campuran baking soda dengan air secara teratur dapat memberi tubuh sejumlah manfaat kesehatan berikut: 

Baca juga : Ini Resep Alami Agar Menghilangkan Lemak di Perut dan Paha dalam Dua Minggu

1. Menetralkan asam lambung. Tubuh berubah menjadi asam karena pola makan yang tidak sehat, nah untuk mengakalinya, minum campuran baking soda dan air guna menetralisir keasaman dan mengembalikan keseimbangan pH.

2. Meredakan mulas. Mulas disebabkan oleh penumpukan asam dalam tubuh. Bila asam ini masuk ke kerongkongan, Ibu akan mengalami ketidaknyamanan seperti rasa terbakar di saluran pencernaan. Baking soda ini dirancang khusus untuk menetralisir asam pada sumbernya, sehingga mulas reda dan sistem pencernaan berfungsi lebih baik.

3. Menghilangkan infeksi saluran kemih/ISK. Jika seseorang menderita ISK, maka yang diperlukan ialah minum baking soda dengan campuran air secara teratur sampai infeksi dapat sembuh. Jika gejala terus berlanjut, maka kita harus berkonsultasi dengan dokter untuk menyingkirkan indikasi munculnya penyakit lainnya.

Baca juga : Resep Alami untuk Miliki Perut Rata dan Kencang

4. Meredakan asam urat. Ganguan kesehatan ini merupakan peradangan sendi yang disebabkan oleh pembentukan asam urat dalam tubuh. Minum baking soda yang dicampur dengan air akan membantu meringankan sakit asam urat, karena ini mencegah akumulasi asam dalam tubuh.

5. Mengurangi gejala meriang akibat flu. Ini adalah obat alami yang bisa dikonsumsi untuk melawan flu dan meriang. Baking soda dapat membunuh virus secara efektif jika dikonsumsi pada tahap awal infeksi.

6. Meringankan batu ginjal. Penumpukan asam urat bisa menyebabkan batu ginjal. Maka, cobalah minum baking soda dengan campuran air secara teratur guna melarutkan batu dan mencegah pembentukan batu ginjal yang baru.

7. Meningkatkan performa fisik. Baking soda dapat membantu memperbaiki kinerja fisik karena mengandung alkalinitas natrium bikarbonat yang aktif mengurangi kadar asam laktat yang diproduksi oleh otot, sehingga memungkinkan olahraga dan pelatihan tubuh yang lebih keras dan lama.