Frekuensi Bayi Menendang yang Diharapkan Terjadi di Usia Kehamilan Enam Bulan

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 16 November 2017 | 10:00 WIB
Perkembangan Janin yang Normal Terjadi Pada Trimester Akhir Kehamilan (Gisela Niken)

Nakita.id - Bagi banyak perempuan, pertama kali merasakan pergerakan bayi yang belum lahir adalah salah satu bagian yang paling menakjubkan saat hamil.

Menjelang pertengahan trimester kedua, Ibu akan merasakan gerakan pertama bayi, namun pada bulan keenam, gerakan tersebut akan berubah menjadi tendangan yang nyata. Tidak hanya sekali dua kali, di usia ini bayi akan cenderung lebih sering menendang perut ibunya.

Meskipun bayi tampak mulai bergerak sejak awal kehamilan, faktanya ia masih terlalu kecil untuk Ibu bisa merasakannya secara jelas. Antara minggu ke 13 dan ke 16 kehamilan, banyak perempuan mulai merasakan gerakan pertama bayi yang terasa dan begitu nyata.

Tapi, ada beberapa ibu yang tidak juga merasakan gerakan ini sampai berminggu-minggu kemudian, menurut American Pregnancy Association. Pada saat mencapai bulan keenam kehamilan, berat bayi sekitar 0.45 hingga 0.57 kilogram dan panjangnya sekitar 25 sampai 28 sentimeter.

Ukuran yang lebih besar ini membuat Ibu lebih mudah merasakan gerakan bayi ini lebih sering.

Baca juga : Penyebab Bayi Tidak Banyak Menendang di Usia Kehamilan 23 Minggu

Saat bayi pertama kali mulai bergerak, Ibu tidak akan sering merasakan tendangan atau gerakan. Namun, saat mencapai bulan keenam, ukuran bayi sudah lebih besar, sehingga Ibu akan lebih sering merasakannya setiap saat.

Tendangan ini akan terjadi lebih sering dan Ibu akan merasakannya lebih kuat, catat BabyCenter. Ibu mungkin akan memerhatikan jika bayi lebih aktif pada waktu-waktu tertentu, seperti saat Ibu duduk diam atau setelah makan.

Meskipun bayi menusuk atau menendang perut cukup keras, biasanya ini pertanda bahwa bayi sehat dan tumbuh normal. Merasakan gerakan bayi juga memungkinkan kita sebagai ibu lebih terikat dengan bayi, ungkap American Pregnancy Association.

Setelah minggu ke 28 kehamilan, dokter menganjurkan agar ibu hamil mulai menghitung tendangan bayi mereka. Selain meningkatkan ikatan dengan bayi, mencatat kebiasaan menendang bayi dapat membantu Ibu atau dokter menentukan masalah potensial.

Baca juga : 7 Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Seputar Tendangan Bayi

Menurut American Pregnancy Association, setidaknya Ibu harus merasakan 10 gerakan dalam dua jam, meskipun bayi bisa bergerak lebih dari itu. Namun, jika Ibu belum merasakan 10 gerakan tersebut selama dua jam, hubungi dokter segera, terlebih jika Ibu memerhatikan pola gerakan bayi yang kian menurun secara nyata, menurut American Pregnancy Association.