Yang Wajib Ibu Ketahui Tentang Produk Pencerah Kulit

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 17 November 2017 | 09:00 WIB
Masalah Wajah Saat Hamil dan Cara Mengatasinya (Puri)

Nakita.id - Selama beberapa tahun terakhir, produk-produk pencerah kulit atau krim pemutih telah populer di kalangan perempuan yang mencari produk anti-penuaan.

Tapi dengan begitu banyak produk serupa yang tersedia, nyatanya masih sedikit yang memberikan dampak signifikan dan ampuh sebagai pencerah wajah.

Untuk itu, Dr. Benjamin Barankin, seorang dokter kulit dan direktur medis Toronto Pusat Dermatologi Toronto, memberikan beberapa pengertian tentang pencerah kulit dan hal-hal yang berkaitan di dalamnya.

Apa itu pencerah kulita? 

Pencerah kulit membantu kulit tampak lebih bercahaya dan terlihat lebih muda, lentur dan memudarkan hiperpigmentasi atau bintik hitam yang muncul karena usia atau matahari.

Berbagai produk, sistem dan layanan kecantikan dapat digunakan, seperti krim dengan asam glikolat, vitamin C, tretinoin / retinol, asam laktat dan hydroquinone, dan beberapa bahan baru seperti ekstrak coffeeberry, lumixyl, CIC2 dan asam azelaic.

Ada pula mikrodermabrasi dan laser serta produk sampingan atau produk yang bisa digunakan sebagai masker pendukung.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Murah dan Cepat

Siapa yang harus menggunakan pencerah kulit?

"Siapapun yang memiliki kulit kusam, melasma atau hiperpigmentasi, seseorang dengan bintik matahari atau bintik hitam akibat usia. Hampir setiap orang yang berusia di atas 40 tahun akan mendapatkan keuntungan dari produk ini. "

Apa yang diharapkan?

Pencerah kulit butuh waktu untuk bekerja, artinya sekitar dua sampai tiga bulan. Efek samping dari penggunaan, di antaranya terdapat sedikit kemerahan dan iritasi ringan atau pengelupasan pada bulan pertama, saat kulit mulai terbiasa dengan produk.