Tak Hanya Lion Air, Maskapai Citilink Akan Cabut Layanan Bagasi Gratis

By Maharani Kusuma Daruwati, Kamis, 10 Januari 2019 | 20:07 WIB
Citilink di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang. (Kompas.com)

Nakita.id - Mulai 8 Januari 2019 lalu, dua maskapai dari Lion Grup resmi mencabut layanan gratis bagasi.

Maskapai Lion Air dan Wings Air kini menerapkan tambahan biaya untuk bagasi pesawat yang dibebankan pada penumpang.

Bila selama ini kita mendapatkan gratis muatan bagasi rata-rata sebesar 20 kg setiap penerbangan, kali ini Moms tak dapat menikmatinya.

Baca Juga : Siswi SMK Bogor Tewas Ditusuk Sepulang Sekolah, Ternyata Seorang Model: Gadis Periang dan Tak Punya Musuh

Kebijakan ini telah berlaku per 8 Januari 2019 ini, Moms.

Tak hanya Lion Air dan Wings Air saja, maskapai Citilink sepertinya juga akan mengikuti jejak dua maskapai tersebut.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Citilink tampaknya juga akan menghapus layanan bagasi cuma-cuma atau free baggage allowance bagi para penumpang rute domestik.

Hal ini diketahui dari surat edaran dari Citilink bagi sejumlah travel agent di Indonesia, yang beredar di media sosial.

Suratan edaran tersebut dengan nomor Citilink/JKTCGQG-020/I/2019 dibuat pada 4 Januari 2019.

Baca Juga : Pangeran William Dianggap Acuhkan Meghan Markle di Perayaan Natal, Konflik dengan Saudara Ipar Berdampak pada Awetnya Rumah Tangga

Dalam surat itu disebutkan bahwa pembelian tiket mulai 12 Januari 2019 tidak berlaku lagi pemberian bebas biaya bagasi.

Namun, penumpang dengan rute penerbangan internasional masih tetap berlaku ketentuan bebas biaya bagasi.

Untuk tiket yang sudah dibeli sebelum 12 Januari masih mendapatkan gratis biaya bagasi sebesar 20 kilogram.

Sedangkan untuk pelanggan Cilitlink yang memiliki keanggotaan Supergreen dan sudah mendaftar pada sistem Citilink, tetap mendapat jatah bagasi secara cuma-cuma sebesar 10 kg.

Hampir sama seperti Lion, Citilink juga memberlakukan paket bagasi yang bisa dibeli melalui website dan aplikasi Citilink.

Adapun ketentuannya dapat dibeli saat atau setelah pembelian tiket, dan selambatnya 12 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga : Raffi Ahmad Kembali Iseng Sebarkan Foto Istri Saat Tidur Mangap, Warganet Justru Puji Nagita Slavina

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Corporate Communication Manager Citilink Indonesia Ageng Wibowo tidak membantahnya.

"Oh mengenai penghapusan layanan bagasi kami sedang menyiapkan statementnya," ujar Ageng saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/1/2019).

Namun dia tidak berkomentar lebih lanjut mengenai hal tersebut.Sebelumnya, Lion juga telah lebih dulu menerapkan kebijakan ini. Mereka telah mengapuskan layanan bagasi cuma-cuma pada penerbangan domestik.

Sehingga, Jika Moms akan menggunakan pesawat Lion Air atau Wings Air untuk akomodasi dan harus membawa banyak barang maka Moms akan dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga : Kaya Raya, Hotman Paris Sebut Selebgram Ini Bisa Saingi Hidupnya

Para penumpang hanya akan digratiskan untuk membawa satu bagasi cabin seberat 7 kg dan satu barang pribadi.

Barang pribadi yang dimaksud adalah seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan bacaan, binocular, dan tas jinjing wanita.

Tak hanya itu saja, dimensi bagasi kabin pun memiliki ketentuan maksimum ukuran sebesar 40x30x20 cm.

Baca Juga : Disebut-sebut Jadi Kekasih Baru Sule, Naomi Zaskia Beri Jawaban

Jika melebihi ketentuan tersebut para penumpang akan dikenai biaya tambahan.

Biaya tambahan bagasi itu berbeda-beda sesuai tujuan para penumpang.

Tambahan biaya bagasi tersebut kisaran Rp 155.000 hingga Rp 930.000, tergantung berat bagasi tambahan dan rute penerbangannya.