Viral! Ada Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi, Lihat Cara Kerjanya yang Sederhana Ini!

By Riska Yulyana Damayanti, Jumat, 18 Januari 2019 | 20:43 WIB
Medhanita Dewi Menanti, dosen IPB pencipta aplikasi penerjemah tangisan bayi (Kompas.com/ Ira Rachmawati)

Nakita.id - Untuk berkomunikasi, seorang bayi hanya bisa menangis untuk menyampaikan keinginannya.

Setiap anak memiliki tangisan masing-masing untuk memberikan tanda pada orangtuanya bahwa ia membutuhkan atau menginginkan sesuatu.

Namun, ada seorang dosen dari Institut Pertanian Bandung (IPB) Medhanita Dewi Menanti (36) berhasil menciptakan aplikasi bernama Madsaz yang mampu menerjemahkan tangisan bayi yang berusia 0-3 bulan.

Baca Juga : Tangisan saat Lapar Berbeda dengan saat Sakit, Kenali 7 Arti Tangisan Bayi

Aplikasi yang digarap bersama dengan tim Sekolah Vokasi IPB tersebut mampu menerjemahkan 5 jenis tangisan bayi yaitu bayi lapar, bayi lelah atau mengantuk, bayi ingin bersendawa, bayi masuk angin atau perut kembung dan bayi yang tidak nyaman bisa karena popok basah, udara terlalu panas atau dingin.

Kepada Kompas.com, Rabu (17/10/2019), perempuan yang akrab dipanggil Medha ini menceritakan ide awal dari pembuatan aplikasi tersebut sudah sejak tahun 2010, saat Medha hamil anak pertamanya.

Baca Juga : Bukan Masalah 'Ranjang', Hal Ini Buat Hotman Paris Takluk pada Istri Meski Pernah Ngaku Cintai Wanita Lain

Saat itu, Medha mengikuti seminar tentang tumbuh kembang anak dan salah satu pembicaranya menjelaskan tentang lima klasifikasi tangisan bayi yang ditemukan oleh ahli sound photograph dari Australia Priscilla Dunstan.

"Saat itu saya langsung berpikir berarti tangisan bayi bisa diklasifikasikan melalui komputer. Kebetulan skripsi S1 saya tentang klasifikasi kesesuaian lahan sehingga saya berpikir jika sumber suara juga bisa diproses," jelasnya.