Pelindung Telinga Bayi dan Anak Agar Terhindar Kehilangan Pendengaran

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 29 Januari 2019 | 16:27 WIB
Alasan utama penggunaan penutup kuping adalah untuk menjaga kesehatan kuping bayi, terutamanya agar tidak kehilangan pendengaran. ()

 

 

Nakita.idPendengaran adalah sesuatu yang sangat berharga dan perlu dilindungi. Sejak dini anak-anak harus diajarkan pentingnya menjaga pendengaran dengan melindungi diri dari paparan suara keras.

Selain memaparkan dampak buruk, kita bisa melakukan aksi dengan membiasakan anak melindungi telinga dengan menutupnya saat diperlukan.

Baca Juga : Agar Tak Berbahaya, Berikut Tips Membersihkan Telinga Si Kecil!

Jika pengetahuan ini tertanam pada anak, kedepannya saat dewasa dia akan lebih peduli dengan keselamatan indra pendengarnya.

Di usia bayi, tentunya orangtua yang peduli akan memakaikan anaknya dengan earmuff atau pelindung telinga.  Kenapa harus memakai earmuff?

Alasan utama yang pasti adalah untuk menjaga kesehatan kuping bayi, agar tidak terjadinya 'hearing loss' atau kehilangan pendengaran.

Karena setiap paparan suara diatas 100 desibel yang didengar  akan membahayakan anak-anak apalagi telinga kecil mereka akan menguatkan suara sebesar 20 desibel daripada yang di dengar oleh orang dewasa.

Earmuff penting bagi bayi karena pendengaran mereka lebih sensitif dibanding orang dewasa. Earmuff bisa dibutuhkan saat bayi dibawa pada tempat ramai dan bising atau momen-momen dimana lingkungan sangat berisik (petasan, hajatan, dan sejenisnya).

Earmuff juga harus dipakai ketika ikut orangtua perio karokean, menonton konser, pertandingan, dan naik pesawat.

Baca Juga : Bikin Iri, Perangi Kegemukan Turki Dirikan Pusat Obesitas di Seluruh Negeri, Gratis Buat Pasien

Kalau di runaway pesawat suka liat petugas yang pakai headphones? Nah earmuff yang dipakai persis seperti itu.