Kenapa Moms Juga Perlu Sarapan? Temukan Jawabannya Di Sini!

By Saeful Imam, Jumat, 8 Maret 2019 | 16:11 WIB
Sarapan dengan quaker oats dapat memberikan energi optimal saat memulai hari (goodmoments)

Nakita.id – Moms, sebagai orangtua kita pasti mewajibkan Si Kecil untuk sarapan sebelum berangkat sekolah. Alasannya jelas, Kita ingin agar anak pergi ke sekolah dengan perut terisi agar bisa berkonsentrasi penuh saat belajar.

Namun sebagai orangtua, yang terjadi justru kebalikannya. Sering kali Moms justru tidak sarapan di pagi hari. Biasanya itu terjadi karena Moms terlalu sibuk menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan Si Kecil dan suami. Ada juga yang tidak sarapan karena takut tubuh menjadi gemuk.

Kedua hal tersebut adalah salah. Sarapan adalah waktu makan yang terpenting dalam satu hari. Sebab, tubuh kita berpuasa selama 6 hingga 8 jam saat tidur malam sehingga ketika bangun di pagi hari, hal penting yang harus diperhatikan pertama kali adalah “mengisi ulang baterai tubuh” dengan sarapan.

Hal ini akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang mulai rendah akibat tubuh diistirahatkan tadi. Dengan sarapan, kadar gula tubuh akan meningkat dan kinerja tubuh akan bangkit dalam beraktivitas di pagi hari.

Bila Moms sudah mempunyai pemikiran seperti di atas itu bagus. Sayangnya, saking kepenginnya untuk menjaga asupan makanan, sarapan terkadang dilakukan dengan menu berlebihan. Sayangnya, sarapan dilakukan dengan menu yang tidak sehat, seperti terlalu banyak gorengan, santan, dan lain-lain.

Sebenernya apa sih yang harus diperhatikan oleh moms saat sarapan?

Menu sarapan sehat adalah kuncinya!

Sarapan sehat diperlukan untuk memberikan energi bagi tubuh. Namun, energi yang diperlukan tentunya tidaklah berasal dari lemak. Menu berlemak akan membuat tubuh merasa terlalu kenyang sehingga alih-alih merasa bersemangat, Moms justru akan merasa cepat mengantuk.

Energi dari sarapan sehat berasal dari menu yang mengandung protein tinggi. Menu sarapan dengan protein seperti itu membuat perut merasa kenyang walaupun dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Apa sebabnya? Itu karena protein mengaktifkan sinyal di otak yang memerintahkan tubuh untuk menahan rasa lapar sehingga Moms tidak mudah tergoda untuk ngemil setiap saat.

Pilihan menu protein tinggi untuk sarapan banyak variasinya. Salah satu menu sarapan yang bisa menjadi sumber protein adalah Oats.

Bukan hanya tinggi protein, oats juga mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh, antara lain: