Bagus Bagi Kesehatan Moms Hamil dan Janin untuk Mendengarkan Musik

By Bayu Probo, Minggu, 14 April 2019 | 20:15 WIB
Mendengarkan musik baik bagi ibu hamil dan janin. (Pixa Bay)

Nakita.id – Berbagai riset membuktikan bahwa Moms hamil yang mendengarkan musik bermanfaat bagi Moms dan janin.

Sebab, musik yang pas membuat Moms terhindar dari stress yang berpengaruh pada janin yang Moms kandung.

Baca Juga : Jangan Remehkan Musik! Ternyata Terapi Musik dapat Mengatasi Autisme!

Nah, berikut ini lima manfaat mendengarkan musik saat hamil.

  1. Mencegah bayi lahir prematur dan mengalami gangguan kognitif

Mamil (Moms hamil) sangat rentan mengalami stres.

 “Mamil  yang mengalami stres berat  berisiko melahirkan  bayi dengan berat lahir rendah,” kata dr. Joel Juanda Tjong, SpOG dari RS Omni Alam Sutera Tangerang.

Sementara, Vivette Glover, Profesor Psikobiologi Kehamilan di Imperial College in London, dalam artikelnya pada World Medical News, mengatakan, “Stres selama kehamilan berisiko menyebabkan anak mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder, keterlambatan kognitif, kecemasan, dan depresi.”

Oleh karena itu, sangat penting untuk Moms menghindari dan meminimalkan stres selama kehamilan.

Salah satu caranya ialah mendengarkan musik, karena musik dapat memicu produksi hormon bahagia serotonin dan endorfin yang kemudian ditransfer ke janin melalui plasenta.

  1. Membantu pembentukan otak

Suara-suara prenatal atau suara yang didengar janin merupakan komponen perkembangan janin yang penting karena menyediakan dasar untuk pembelajaran dan pembentukan perilaku anak di kemudian hari.

Wilfried Gruhn, Profesor Emeritus Pendidikan Musik di University of Music di Freiburg, Jerman, mengatakan dalam artikel yang diterbitkan oleh International Society for Music Education, “Musik merangsang pertumbuhan struktur otak dan menghubungkan serta mengaktifkan banyak area di otak.”

Begitu pun Dr. Mehmet Cengiz Öz, Ahli Bedah Kardiotorarik, dan Dr. Michael Roizen, dalam sebuah artikel pernah berkata, “Kami mendorong para calon ibu untuk mendengarkan musik selama dan setelah kehamilan.”