Ingin Bayi Lahir Normal dan Tidak Cacat, Ibu Hamil Wajib Makan Ini

By Saeful Imam, Selasa, 30 April 2019 | 20:31 WIB
Tali pusar bayi baru lahir bermanfaat cegah kanker (shangarey)

Nakita.id - Ingin anak sehat dan normal?

Ibu hamil juga ingin anaknya lahir cukup bulan.

Memang, tak semua tindakan dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi.

Namun, ibu hamil dapat meningkatkan kemungkinan untuk melahirkan bayi dengan kondisi yang sehat dan normal dengan melakukan berbagai pola hidup sehat, serta melakukan beberapa kiat khusus sebelum mempersiapkan kehamilan.

Berikut beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah bayi lahir cacat, seperti diungkapkan dr. Dyah Novita Anggraini:

1. Menjaga asupan makanan bergiziMengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan membantu perkembangan bayi di dalam rahim dan mencegah bayi cacat. Saat memasak daging, pastikan memiliki  tingkat kematangan yang baik.

Baca Juga : Tak Perlu Khawatir, Ini Alasan Tes Mata Untuk Bayi Baru Lahir

2. Konsumsi asam folatVitamin B9 yang ada di asam folat dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi. Cacat bawaan timbul akibat tidak sempurnanya penutupan tabung saraf (spina bifida) selama pertumbuhan embrional, sehingga berakibat kecacatan pada otak dan tulang belakang janin.

Asam folat dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau dari sayur-sayuran seperti: bayam, kubis, brokolo, asparagus, seledri, jagung, dan kailan. Juga buah-buahan seperti: pisang, jeruk, tomat, melon, strawberry, pepaya, dan bit, serta kacang-kacangan, salmon, dan hati ayam.

3. Menghindari asupan alkohol saat hamilAlkohol dapat masuk ke dalam peredaran darah dan plasenta sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin dan meningkatkan risiko kelahiran cacat. Tidak ada jumlah aman mengonsumsi alkohol, yang jelas semua alkohol berbahaya, terutama untuk kehamilan. Minum alkohol dapat menyebabkan keguguran, janin meninggal di dalam rahim (stillbirth), dan gangguan perilaku bayi.

4. Menghentikan kebiasaan merokokMerokok saat hamil menyebabkan bayi lahir prematur, dan bayi lahir cacat seperti bibir sumbing maupun kelainan palatum (langit-langit mulut). Selain itu, merokok saat hamil juga dapat menyebabkan kematian janin di dalam kandungan.

Baca Juga : Melahirkan Anak Ketiga, Bayi Nikita Mirzani Justru Dibilang Mirip dengan Artis Ini, Bukan Dipo Latief!