Mitos Tentang Tidur Pada Bayi ini Masih Dipercaya, Salah Satunya Jangan Membangunkan Bayi yang Sedang Tidur!

By Saeful Imam, Kamis, 9 Mei 2019 | 09:45 WIB
Banyak mitos tentang tidur bayi yang beredar, salah satunya jangan membangunkan bayi yang sedang tidur (Pixel Photographers)

Nakita.id - Mitos adalah hal keliru.

Sayangnya, banyak orangtua yang masih mempercayai. 

Untungnya, beberapa penelitian telah mengurangi banyak klaim yang membantu orangtua memahami bagaimana cara membantu anak-anak mereka tidur nyenyak dan aman. Tapi, ada beberapa mitos yang sebaiknya Ibu tidak perlu percaya sama sekali, lima di antaranya:

1. Jangan pernah membangunkan bayi yang sedang tidur.

Mitos ini salah mengerti akan pentingnya jadwal dan rutinitas dalam latihan tidur. Pakar tidur mencatat bahwa seperti jadwal lain yang perlu Ibu ikuti, Ibu juga harus mempertimbangkan waktu mulai dan waktu berhenti pelatihan tidur pada anak. "Jangan hanya fokus pada waktu tidur," kata Praktisi Perawat Dokter Anak Pusat Rumah Sakit Anak Boston, Jennifer Gingrasfield. "Juga fokus pada waktu bangun di pagi hari. Dan jangan lupa mulai dan akhir dari tidur siang. "

Baca Juga : Kejanggalan Persalinan Meghan Markle: Dianggap Bohong dan Dituding Pakai Alat Agar Seperti Ibu Hamil, Meghan Buat Masyarakat Murka

Alasannya adalah orangtua memiliki kecenderungan untuk membiarkan bayi mereka tidur lebih lama dari yang seharusnya. Bayi yang baru lahir harus tidur paling lama, 20 jam digabungkan dalam periode 24 jam. Pada usia 6 bulan, batas tidur adalah 13 jam. Pada saat anak berusia 12 bulan, kurangi waktu 30 menit lagi dengan total 12 1/2 jam.

Bayi yang tidur melewati jumlah waktu tersebut, tanpa waktu bangun yang konsisten akan mendatangkan dampak negatif. Ini bisa diartikan lebih banyak masalah saat tidur dan tertidur ketika orangtua mencoba meletakkan anak ke tempat tidur. Jennifer mengatakannya, "Ya, tidak apa-apa untuk membangunkan bayi yang sedang tidur."

2. Lullabies (lagu tidur) membantu bayi tidur.

Memutarkan lagu lembut saat meletakkan bayi ke tempat tidur adalah titik sentuhan lembut dalam ritual tidur malam. Ini memperkuat gagasan transisi dari waktu bangun yang ribut sampai waktu tidur yang sepi.

Lullabies dapat membantu bayi tidur dengan memberikan irama mengantuk dan menenggelamkan suara lingkungan yang bising. Namun, ada jeda atau perubahan dalam musik yang bisa menimbulkan kejutan dan bangun. Selain itu, ketergantungan pada lagu tidur bisa menjadikan musik sebagai kebutuhan. Itu dapat meredam kemampuan bayi untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menenangkan diri dan membuat dirinya kembali tertidur.

Baca Juga : Ingin Cepat Langsing Selama Ramadan? Konsumsi Kurma saat Berbuka dan Sahur!