Konsumsi Teh Hijau Saat Sahur Efektif Usir Bau Mulut Saat Berpuasa!

By Saeful Imam, Sabtu, 11 Mei 2019 | 14:58 WIB
Cara alami atasi bau mulut saat berpuasa, salah satunya dengan konsumsi minuman ini saat sahur (iStockphoto)

Nakita.id - Salah satu gangguan yang muncul saat berpuasa adalah bau mulut.

Ya, selama berjam-jam mulut kita kosong tanpa makanan dan minuman, sehingga membuat mulut menjadi bau.

Bau mulut ini terjadi karena di dalam mulut terdapat banyak bakteri yang mengubah sisa-sisa makanan gas sulfur yang menyebabkan bau mulut. Celakanya, saat makan, mulut akan memproduksi air liur (saliva), ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang karena tak ada makanan, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, yang berakibat pada bau mulut.

Baca Juga : Punya Mag? Ini Tips Sehat Saat Hendak Menjalankan Ibadah Puasa

Perut yang kosong selama berpuasa juga cenderung membuat mulut menjadi bau. Hal tersebut disebabkan oleh kadar enzim di mulut dan lambung yang meningkat saat perut kosong.

Cara Alami Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

1. Sebaiknya minum air yang cukup. Pastikan asupan air minum selama berpuasa cukup. Minum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut di siang hari. Sebab, air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut tidak kering dan mencegah bakteri berkembang biak.

2. Jaga kebersihan mulut dan gigi. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

Baca Juga : Bila Alami Kondisi ini, Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Berpuasa

3. Konsumsilah teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.

4. Hindari makanan yang dapat memicu bau tak sedap seperti petai, jengkol atau durian.

Baca Juga : Seorang Kepala Desa Digerebek Warga Sedang Tidur di Rumah Janda Jelang Sahur, Begini Akhirnya