BREAKING NEWS! Sidang Isbat Memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh pada 5 Juni 2019

By Riska Yulyana Damayanti, Senin, 3 Juni 2019 | 19:20 WIB
Petugas lembaga Falakiyah pondok pesantren Al-Hidayah Basmol, Jakarta Barat melakukan pemantauan hilal di atas masjid Al-Musariin, Minggu (5/5/2019) (KOMPAS.com/Gerry Lotulung)

Nakita.id - Sidang Isbat atau penentuan Hari Raya Idul Fitri pastinya ditunggu oleh seluruh umat Muslim.

Melansir dari tayangan di KompasTV diputuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019.

"Besok selasa kita masih berpuasa awal tahun 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu tangga 5 Juni 2019, itulah hasil sidang isbat kali ini," ucap Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Baca Juga: Kepala Wanita Ini Terbentur Palang Pintu Rel Kereta Api Setelah Mencoba Menerobosnya, Warganet: 'Malunya itu'

Hal itu diketahui karena tidak satu pun petugas yang melihat hilal.

"Di seluruh Provinsi memiliki tim perukyat, yang lalu tadi dilaporkan ada setidaknya 33 perukyat dari 33 provinsi yang ada yang menyatakan bahwa tidak satu pun di antara mereka yang melihat hilal," ujarnya.

Pasalnya, hilal diketahui masih berada di bawah ufuk.

Baca Juga: Puisi Romantis SBY untuk Ani Yudhoyono Semasa Pacaran, Begini Kisah di Baliknya

Dilansir dari Kompas.com, Sidang isbat itu diawali dengan paparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan astronomi oleh pakar astronomi.

Setelah itu, para petugas melaksanakan salat Magrib, kemudian dilaksanakan sidang tertutup, barulah kementrian mengumumkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 5 Juni 2019 melalui jumpa pers.