Interaksi Makanan dan Obat ini Berisiko Pada Kesehatan, Salah Satunya Susu dan Antibiotika

By Saeful Imam, Sabtu, 15 Juni 2019 | 20:15 WIB
Jangan minum susu setelah konsumsi antibiotika, ini risikonya (pixabay.com/kaboompics)

Nakita.id - Obat ada untuk mengatasi penyakit. 

Hanya saja, interaksi obat harus baik sehingga berdaya guna menyembuhkan penyakit. 

Untuk itu, Mama sebaiknya memantang makanan tertentu setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Sebab, bolah jadi makanan kesukaan Mama berbahaya bila dikonsumsi bersaman dengan beberapa jenis obat atau suplemen tertentu. Simak lima interaksi makanan dan obat yang bisa membahayakan kesehatan Mama di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Minuman Kemasan Bersoda ini Berbahaya Bagi Ginjal dan Jantung Anak

Karena daftar ini bukan daftar yang lengkap, sebaiknya setiap kali harus mengonsumsi jenis obat tertentu,  Mama berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai makanan atau minuman apa yang harus dipantang:

Susu dan produk turunannya

Susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan sistem saraf yang sehat, tetapi dapat memengaruhi penyerapan obat dalam sistem pencernaan.

Hati-hati jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik kuinolon atau tetrasiklin. Antibiotik kuinolon seperti ciprofloxacin, levofloxacin, norfloksasin dan ofloksasin, serta tetrasiklin  seperti doxycycline, minocycline dan tetrasiklin tidak dapat diserap oleh tubuh  jika Anda baru saja mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Hindari mengonsumsi obat-obatan ini  dalam waktu dua jam setelah mengonsumsi  susu atau produk turunannya.

Baca Juga: Rilis Lagu Duet Bersama Sule, Baby Shima Justru Dapat Banyak Doa dari Warganet Agar Berjodoh dengan Sule

Jeruk keprok (grapefruit)

Meskipun tergolong makanan sehat, jeruk keprok dapat  mengubah fungsi enzim tertentu di dalam sistem pencernaan yang berfungsi mengolah beberapa jenis obat.