Apa Saja Nutrisi Kehamilan yang Harus Moms Perhatikan? Ini Daftarnya Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists

By Cecilia Ardisty, Jumat, 6 September 2019 | 18:46 WIB
Apa Saja Nutrisi Kehamilan yang Harus Moms Perhatikan? Ini Daftarnya Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists (valeria aksakova)

Nakita.id - Sumber nutrisi kehamilan pada bayi Moms berasal dari apa yang Moms makan dan minum selama kehamilan.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan Moms memperhatikan nutrisi kehamilan dengan melakukan diet.

Bukan diet untuk menurunkan berat badan melainkan pemilihan makanan dan minuman sehat untuk nutrisi kehamilan.

Baca Juga: Cuaca Panas Kemarau Panjang Bikin Si Kecil Rentan Terkena Penyakit, Orangtua Wajib Waspada

Kunci nutrisi kehamilan

Melansir dari livescience.com, wanita hamil harus tercukupi nutrisi akan kalsium, asam folat, zat besi, dan protein daripada Moms yang tidak hamil, menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG).

1. Asam Folat

Asam folat ditemukan dalam makanan, asam folat adalah vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat lahir di otak dan sumsum tulang belakang bayi, yang dikenal sebagai cacat tabung saraf.

Mungkin sulit untuk mendapatkan jumlah asam folat yang disarankan dari diet saja.

Baca Juga: Banyak Bergaul Bentuk Sikap Baik dan Rasa Hormat Si Kecil, Yuk Dicoba Moms!

Karena alasan itu, March of Dimes, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mencegah kecacatan kelahiran, merekomendasikan, wanita yang mencoba memiliki bayi mengonsumsi suplemen vitamin harian yang mengandung 400 mikrogram asam folat per hari selama setidaknya satu bulan sebelum hamil.

Selama kehamilan, mereka menyarankan wanita untuk meningkatkan jumlah asam folat menjadi 600 mikrogram per hari, jumlah yang biasa ditemukan dalam vitamin prenatal harian.

Sedangkan sumber makanan ada di sayuran hijau berdaun, sereal yang diperkaya atau diperkaya, roti dan pasta, kacang-kacangan, dan buah jeruk.