#LovingNotLabelling: Tak Melulu Beri Dampak Negatif, Ternyata Melabeli Si Kecil Mampu Berikan Efek Luar Biasa Bagi Tumbuh Kembangnya!

By Safira Dita, Jumat, 4 Oktober 2019 | 14:25 WIB
#LovingNotLabelling: Tak Melulu Beri Dampak Negatif, Ternyata Melabeli Si Kecil Punya Dampak Luar Biasa! (Dmytro Sheremeta)

Nakita.id- Kalimat, ungkapan pujian dengan kata-kata tertentu bisa merujuk pada tindakan labelling yang justru memiliki pengaruh pada Si Kecil.

Seringkali Moms berpendapat jika melabeli Si Kecil bisa menimbulkan dampak negatif pada perkembangan kualitas dan konsep diri anak.

Padahal, kata-kata pujian seperti kata ‘cantik’, ‘tampan’, ‘pintar’, dan masih banyak lainnya, yang diberikan orangtua kepada ditujukan sebagai harapan.

Tentunya kata-kata tersebut akan menjadi doa dan bisa terwujud di masa mendatang untuk Si Kecil.

Menurut Ajeng Raviando, Psi, seorang Psikolog Anak dan Keluarga saat diwawancara Nakita.id, mengatakan, saat ini tindakan labelling tidak hanya menggunakan kata-kata negatif.

Seperti ‘malas’, ‘nakal’, ‘bodoh’, tetapi juga kata-kata positif, seperti ‘cantik’, tampan, ‘pintar’, dan lainnya.

Ajeng mengaku, saat ini lebih sering menemui orangtua melabel anaknya dengan kata-kata yang positif dibandingkan dengan kata-kata negatif.

Baca Juga: #LovingNotLabelling: Nia Ramadhani Labeli Putranya Jago Kandang, Berikut Kegiatan yang Bisa Mendorong Percaya Diri