5 Obat Rumahan dari Bahan-bahan Dapur Untuk Atasi Bau Kaki

By , Selasa, 21 November 2017 | 11:45 WIB
5 Obat Rumahan dari Bahan-bahan Dapur yang Bisa Atasi Masalah Bau Kaki (Soesanti Harini Hartono)

Nakita.id - Biasanya bau kaki disebabkan oleh keringat yang berkembang di kaki kita dan kemudian tetap terjebak karena sepatu atau kaus kaki yang kita kenakan. 

Lalu bakteri yang ada di kulit ’melahap’ keringat, kotoran dan sel-sel mati ini, sehingga menimbulkan bau busuk.

Menurut Dr. Erika M. Schwartz, DPM, FACFAS, dari American Podiatric Medical Association, "Kaki memiliki sekitar setengah juta kelenjar keringat, dan ini bisa menyebabkan banyak keringat. Bila Anda memakai kaus kaki dan sepatu, keringat akan terjebak di dalamnya. Bakteri dan jamur bisa tumbuh subur di lingkungan hangat dan lembap ini, dan bisa menghasilkan bau. "

Kulit kita memiliki dua jenis kelenjar penghasil keringat, yaitu kelenjar eccrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar keringat apokrin ditemukan, terutama di daerah yang memiliki terlalu banyak folikel rambut seperti area ketiak dan selangkangan.

Baca juga : Telapak Kaki Datar Pada Anak, Gangguan Kaki yang Umum Terjadi

Jadi sebelum masuk ke kulit, kelenjar keringat akan mengosongkan diri ke folikel rambut kita.

Saat kita terkena demam, kelenjar eccrine akan menghasilkan keringat dan mengosongkannya ke permukaan kulit kita. Keringat menguap karena panas kulit. Keringat yang disekresikan ini hanya terbuat dari air dan garam.

Keringat yang diproduksi oleh kelenjar apokrin biasanya seperti susu. Kita cenderung mengeluarkan ini di bawah tekanan emosional atau tekanan lainnya. Tapi saat cairan itu bergabung dengan bakteri di kulit kita, maka tidak akan menimbulkan bau.

Menurut Mayo Clinic, beberapa orang secara alami berkeringat lebih atau kurang dari orang lain. Bau badan juga bisa bermacam-macam dari orang ke orang. 

Baca juga : Antisipasi Masalah Kaki yang Kerap Terjadi Saat Hamil

Namun,kalau gejalanya seperti ini, Mayo Clinic menyarankan untuk segera ke dokter. Gejalanya adalah tiba-tiba mulai berkeringat lebih atau kurang dari biasanya, berkeringat mengganggu rutinitas harian, mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas dan terjadi perubahan bau badan

Untuk menghilangkan bau kaki, Ibu bisa mencoba berbagai ramuan alami. Berikut 5 pengobatan rumahan yang ampuh menyembuhkan bau kaki: