Banyak yang Tidak Sadar, Ini Gejala Bipolar yang Muncul Pada Anak

By , Selasa, 28 November 2017 | 04:00 WIB
Kenali gejala bipolar pada anak (Gisela Niken)

Nakita. id - Tak hanya terjadi pada orang dewasa, anak juga mungkin mengalami gangguan mental seperti bipolar. 

Gangguan bipolar (bipolar disorder) adalah sebuah kondisi kejiwaan yang membuat penderitanya mengalami perubahan suasana hati secara drastis.

Ada kalanya ia merasa sangat bahagia, atau merasa sangat sedih.

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa bipolar, anak-anak juga bisa memilki resiko mengalami bipolar. 

Tapi ternyata bipolar bisa muncul gejalanya pada masa kanak-kanak. Uniknya, pada anak gangguan ini muncul bersamaan atau mirip-mirip dengan gangguan hiperaktif defisit atensi (Attention Deficit Hyperactive Disorder).

Baca juga: Peneliti Temukan Gen yang Berhubungan dengan Risiko TInggi Bipolar Disorder pada Anak

Banyak orangtua yang kurang menyadari dengan kehadiran gejala awal gangguan bipolar pada anak-anaknya.

"Gangguan bipolar pada anak-anak sulit dibedakan karena gejalanya mirip dengan ADHD," kata Michael Aronson, MD, psikiater klinis dan konsultan untuk WebMD.

Menurut  Aronson, kelainan bipolar pada anak-anak atau remaja seringkali merupakan diagnosis yang paling sulit dilakukan.  "Sulit membedakan apakah perubahan mood normal, gangguan bipolar, atau ADHD," ujarnya.

Misalnya senang main sampai lupa waktu, sulit konsentrasi, hiperaktif, banyak bicara, mudah tersinggung, senang berlebihan, kurang tidur, dan lainnya.

Baca juga: Kondisi Labil Jiwa Perlu Segera Dapat Pertolongan

Tanda lain anak yang menderita bipolar diantaranya tiba-tiba merasa sangat sedih dan tidak semangat bermain dengan teman-temannya, tidak mau menuruti nasehat orangtua, sulit membedakan perbuatan baik dan buruk, tidak takut dengan apapun serta suka berhalusinasi.