Anak Hanya Mau Minum Saja dan Susah Makan? Atasi dengan Cara Ini

By Fadhila Afifah, Selasa, 5 Desember 2017 | 20:19 WIB
Mengatasi anak yang hanya mau minum susu saja dan susah makan (iStock) ()

Nakita.id -  Moms alami anak hanya mau minum susu saja? Jika ya, pernahkah Moms khawatir apakah itu normal atau tidak?

Ya Moms, si kecil bisa dalam sehari mengonsumsi susu hingga 5-6 kali, bahkan tidak ingin makan asupan yang lain. Ini yang perlu Moms waspadai!

Sebab jika Si Kecil punya kecenderungan terlalu banyak  minum susu tanpa ada penyeimbang gizi lain, ia berpotensi obesitas.

Moms, meski sedang dalam masa pertumbuhan, anak dibawah usia lima tahun tidak dianjurkan mengonsumsi susu terlalu banyak.  

Baca juga: Agar Moms Tak Bergadang Sepanjang Malam Saat Punya Bayi, Ini Triknya!

Menurut ahli gizi, Dr. Marudut, anak yang terus menerus minum susu berbahaya jika tidak didampingi oleh panganan lain dan susu tidak diberikan sesuai dengan takarannya.

“Jika banyak minum susu pasti makannya kurang, itu ngga boleh juga. Takarannya harus jelas seperti yang terdapat pada label yang sudah dikaji oleh BPOM.

Jangan karena dia senang, lalu dia tidak makan yang lain. Pertumbuhannya tidak akan baik karena tidak mungkin semua dipenuhi dari susu.

PERMENKES (Peraturan Mentri Kesehatan) No. 41 tahun 2014 soal pedoman gizi seimbang, jenis makanan ada, jenis susu pun ada itu harus tetap dijalankan." ujar Dr Marudut kepada Nakita.id dalam acara diskusi yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta Pusat.

Baca juga: Hanya Mau Minum Susu

Susu memang memiliki kandungan gizi yang banyak, tapi yang dibutuhkan oleh si kecil tidak hanya bersumber dari susu Moms.

Asupan untuk si kecil juga harus bersumber dari buah dan sayur agar nutrisi dan gizi tercukupi dengan sempurna.