Women Take Over: Leading In A Day, Tembus Stereotip Perempuan dan Laki-Laki dalam Meniti Karier

By Poetri Hanzani, Kamis, 19 Desember 2019 | 15:31 WIB
Kathy Mulville, Director Business Partnership Investing In Women, saat merangkum seluruh sesi Women Take Over di penghujung acara (Dok. Nakita.id)

Nakita.id - Baik perempuan dan laki-laki, tentu layak mendapatkan akses yang sama menuju pertumbuhan karier.

Memberdayakan perempuan supaya mereka dapat mengambil peran sebagai pemimpin dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan bisnis serta ekonomi, merupakan salah satu manifestasi dari kesetaraan gender di tempat kerja.

Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) memiliki komitmen untuk memajukan kesetaraan gender di tempat kerja.

Melalui salah satu programnya, Women Take Over: Leading In A Day, karyawan junior perempuan mengikuti pelatihan kepemimpinan dan mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan para CEOs dari berbagai perusahaan.

Baca Juga: Ingin Anak Tumbuh Cerdas dan Tangguh? Ini Saran dari Psikolog dan Dokter Anak!

Studi menunjukkan, kesetaraan gender baik untuk pertumbuhan bisnis dan ekonomi.

Sebuah studi dari Bank Dunia mengungkapkan, memajukan kesetaraan gender dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi global sebesar 21,7%.

Sebaliknya, ekonomi dunia memiliki risiko kehilangan sekitar US$160,2 triliun jika kesetaraan gender tidak dipraktekkan.

"Kesetaraan perempuan dan laki-laki masih menjadi tantangan di Indonesia. Dibutuhkan waktu untuk menyamaratakan posisi antara perempuan dan laki-laki di bidang ekonomi. Dapat dipercepat melalui peningkatan aktivitas dan advokasi perempuan di dunia kerja secara proporsional dan profesional," ujar Ghafur Dharmaputra, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia.

Ghafur juga menegaskan, akan terus mengupayakan untuk mengubah mindset individu dan kelompok masyarakat untuk semakin sadar gender yang memberikan akses sama dan luas bagi perempuan dan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan.

Baca Juga: Membesarkan Anak Perempuan yang Tangguh, Lakukan 8 Hal Ini Dads!