Benarkah Melahirkan di Akhir Pekan Bisa Berisiko untuk Si Kecil?

By Kusmiyati, Sabtu, 9 Desember 2017 | 19:36 WIB
Pemilihan Bulan Baik Kelahiran Si Kecil, Apa Kata Dunia Medis? (Nakita.id)

Nakita.id - Benarkah melahirkan di akhir pekan bisa berisiko untuk Si Kecil dan Moms?

Moms, jika berniat melakukan persalinan caesar, para ahli menyarankan agar Mama tidak memilih hari minggu untuk melahirkan.

Mengapa?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Imperial College London Hospital, mengatakan bayi yang lahir pada akhir pekan, atau tepatnya di hari Minggu, memiliki risiko lebih tinggi untuk kasus kematian dalam tujuh hari pertama kehidupan.

Baca Juga : Dads Wajib Bonding dengan Si Kecil dalam Perut Moms Ini Alasannya

Para peneliti dari Imperial College London Hospital menggunakan database Hospital Episode Statistics untuk menganalisa kelahiran akhir pekan di Inggris antara 1 April 2010 hingga 31 Maret 2012.

Para peneliti berfokus pada infeksi, kondisi darurat, cedera, dan kematian bayi saat dilahirkan maupun kematian dalam tujuh hari pertama kehidupan.

Hasil penelitian menunjukkan, tingkat risiko kematian pada bayi yang dilahirkan pada akhir pekan mencapai 7,3 persen per 1.000 bayi, cukup besar ketimbang tingkat risiko pada bayi yang lahir di hari kerja yaitu 0,9 persen per 1.000 bayi.

Baca Juga : Operasi Caesar Bisa Saja Ditanggung BPJS, Perhatikan 5 Hal Ini!

Tim peneliti memperkirakan telah terjadi 770 kematian dan 470 infeksi pada bayi yang dilahirkan pada akhir pekan.

Ahli kebidanan Jonathan Snowden dan Aaron Caughey mengakui, bahwa kelahiran di akhir pekan adalah sesuatu yang tak bisa dicegah.

Namun, hasil studi ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi penyedia layanan kesehatan untuk memberikan perhatian lebih pada bayi yang dilahirkan pada akhir pekan.