Ini Yang Perlu Moms Lakukan Jika Si Kecil Terkena Diabetes

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 10 Desember 2017 | 08:00 WIB
Suka pada makanan manis bisa menyebabkan anak berisiko diabetes. ()

Nakita.id.- Belajar dari kasus anak Latisya Rayya Arifti (9), putri dari selebrita Tike Priatnakusumah yang didiagnosis mengalami Diabetes Mellitus (DM), Moms perlu mengenal lebih jauh apa yang harus dilakukan bila Si Kecil juga mengalaminya.

Baca juga: Duh, Diduga karena Sering Konsumsi Minuman ini, Anak Tike Priatnakusumah Kena Diabetes

Ketika seorang anak telah didiagnosis menderita diabetes, biasanya salah satu faktor penentu diagnosa adalah kadar gula darah puasa atau tidak mendapat asupan kalori selama sekitar delapan sampai sepuluh jam adalah 100 mg/dl, atau diatas ambang normal.

Sedangkan jumlah gula darah sewaktu atau setelah tidak berpuasa sebesar 140 mg/dl. Untuk anak yang sudah didiagnosa menderitan diabetes tipe 1 wajib melakukan pemeriksaan hemoglobin terglikasi atau HbAc1 setiap tiga bulan sekali. 

Hasil tes hemoglobin yang bagus adalah dibawah 8% sama dengan anak normal. Jika diatas 8% akan ada bahaya komplikasi.

Baca juga:  Waspada! Ini Tandanya Jika Si kecil Terkena Diabetes Melitus

Penderita diabetes tipe 1 harus mendapatkan terapi insulin yang bisa dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, dengan pemberian cairan untuk mengembalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, elektrolit dan juga pemberian insulin.

Tahap kedua yaitu tahap transisi yang bertujuan mengatasi faktor-faktor pencetus diabetes, penormalan kadar insulin, penyusunan diet, dan juga edukasi pada orangtua.

Fase ketiga dan terakhir yaitu tujuannya untuk mempertahankan status metabolik anak dalam batas normal. Semuanya disesuaikan dengan kebiasaan dan apa yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Bagi penderita diabetes tipe 2, pengobatan akan tergantung pada seberapa jauh penyakit tersebut telah berkembang. Pada fase yang masih sangat awal, kemungkinan akan bisa diatasi dengan perubahan pola hidup yang lebih sesuai untuk penyakitnya.

Baca juga: Diabetes Tipe 2 Pada Anak Meningkat! Begini Cara Mencegahnya 

 Apa yang bisa dilakukan oleh orangtua?