Mengatasi Nyeri Perut Saat Hamil di Trimester 3 Bisa Dilakukan, Moms Sebaiknya Kenali Penyebab yang Perlu Diwaspadai dari Sekarang!

By Safira Dita, Sabtu, 28 Desember 2019 | 14:20 WIB
Mengatasi Nyeri Perut Saat Hamil di Trimester ke 3 (psodaz)

Nakita.id - Mengatasi nyeri perut saat hamil di trimester 3 umumnya cukup menantang bagi fisik dan emosional ibu hamil.

Pasalnya, selain harus mengatasi nyeri perut saat hamil di trimester 3, Moms juga akan mengalami berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh dan janin.

Oleh karenanya di masa akhir kehamilan, ibu hamil diharapkan sudah memahami dan memiliki banyak informasi tentang persalinan.

Hal ini dapat membantu mengurangi rasa cemas yang kemungkinan besar menyambut sebelum persalinan.

Memang sering terjadi pada trimester 3 nyeri masih kerap dirasakan di bagian bawah perut ibu hamil.

Nyeri yang tergolong tidak berbahaya ini disebabkan rahim yang membesar sehingga mengakibatkan adanya tekanan pada kandung kemih yang berlokasi di bagian bawah perut.

Namun, Moms haru mulai mewaspadai bila nyeri ini sampai menyebabkan infeksi saluran kemih ya!

Pasalnya, tekanan pada kandung kemih dapat membuat urine berada lebih lama di sana sehingga mengakibatkan timbulnya infeksi saluran kemih.

Keluhan yang timbul bisa berupa anyang-anyangan, berkemih tidak tuntas (sedikit-sedikit), mengalami nyeri di perut bagian bawah yang menyebar hingga ke punggung, bahkan terkadang timbul kontraksi.

Baca Juga: Sering Jadi Mitos, 3 Penyebab Keguguran Hamil Tua Ini Sering Ditakutkan Calon Ibu, Moms Harus Ketahui Fakta dan Kebenarannya Menurut Pakar