Waspada Diabetes yang Mengancam dalam Teh dan Kopi! Ganti dengan Ini

By David Togatorop, Senin, 11 Desember 2017 | 07:59 WIB
Kopi bikin suami makin jatuh hati ()

Nakita.id - Minuman manis, teh, dan kopi memang menyegarkan, Moms. Tapi ada risikonya, lho. 

Minum soda dan minuman manis lainnya terkait dengan peningkatan risiko diabetes, tapi sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan kalau soda diet tidak berpengaruh pada risiko itu.

BACA JUGA: Duh, Diduga karena Sering Konsumsi Minuman ini, Anak Tike Priatnakusumah Kena Diabetes

Penelitian-penelitian sebelumnya tentang hubungan antara soda diet dan diabetes memang masih rancu.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan bahwa sebagian peminum soda menderita kelebihan berat badan atau obesitas.

Dalam penelitian terbaru, orang dewasa yang rutin mengkonsumsi setidaknya satu kaleng soda atau minuman manis lainnya setiap hari 46 persen lebih mungkin mengalami kadar gula darah tinggi daripada orang yang jarang atau tidak pernah minum soda, demikian dilansir dari Washington Post.

"Masyarakat sebaiknya mengganti minuman manis dengan air, teh atau kopi tanpa pemanis," kata penulis studi senior Nicola McKeown, seorang peneliti nutrisi di Tufts University di Boston.

BACA JUGA: Moms Barang-barang Ini Tidak Boleh Dekat Kulkas, Akibatnya Bisa Fatal

"Untuk orang yang mengonsumsi minuman manis setiap hari, membuang kebiasaan tersebut mungkin sulit, tapi minum soda diet sesekali, sambil meningkatkan cairan dari sumber lain, mungkin merupakan strategi terbaik untuk menghilangkan minuman manis," tambah McKeown. 

Secara global, sekitar 1 dari 9 orang dewasa mengidap diabetes, dan penyakit ini akan menjadi penyebab kematian ketujuh pada tahun 2030, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.