Sedang Sakit Kaki & Punggung? Periksakan, Bisa Jadi Tanda Dini Kanker Serviks

By Fita Nofiana, Jumat, 6 April 2018 | 10:45 WIB
Deteksi dini kanker serviks ditanggung BPJS. Garatis. ()

Nakita.id - Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan, dengan pengobatan yang sangat berisiko dan tingkat keberhasilan yang begitu rumit. 

BACA JUGA:Banyak yang Tak Tahu, Jumlah Tahi Lalat Bisa Deteksi Risiko Kanker

Bagi perempuan, selain kanker payudara kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi salah satu penyakit paling mematikan di tanah air. 

Menurut data dari yayasan Kanker Indonesia, kanker serviks menyerang hampir 15.000 perempuan dalam setiap tahun lo!

Kebanyakan perempuan seringkali mengabaikan gejala kanker serviks karena tidak mengenali gejala-gejalanya, untuk berjaga-jaga yuk coba pelajari gejala awal kanker serviks yang dinyatakan oleh Dr Jan Schaefer, Kepala Medis di MEDIGO Jerman.

BACA JUGA: Bertahun-tahun Menikah, 5 Pasangan Ini Mesranya Selalu Bikin Iri

Menstruasi Tidak Teratur

"Salah satu tanda paling umum dan awal kanker serviks adalah menstruasi tidak teratur, yang dapat terjadi antara periode atau setelah serviks. Pada wanita pascamenopause yang memiliki menstruasi yang lebih lama " ujar dr. Jan Schaefer.

Keputihan

Tanda peringatan lain dari kanker serviks bisa menjadi keputihan yang tidak biasa, dengan warna, bau, dan jumlah yang tak wajar.

"Ini terjadi ketika kanker mulai kekurangan oksigen, menyebabkan infeksi yang menyebabkan keluarnya cairan dan bau aneh" tambah dr. Schaefer.

Keputihan dapat menjadi gejala dari banyak hal lain, namun keputihan yang terjadi dalam waktu lama harus di cek ke dokter.