Cara Dandan dan Foto Selfie Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Moms

By Maharani Kusuma Daruwati, Kamis, 12 April 2018 | 21:43 WIB
Dandan cantik hanya dalam 10 menit! (Ariwasabi)

Nakita.id - Pernahkah terjebak pada suatu kondisi saat Moms memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan orang yang tak begitu Moms kenal sifatnya?

Di sisi lain, Moms tak punya cukup waktu untuk mencari tahu latar dan menggali kepribadiannya.

Lalu, bagaimana caranya untuk dapat bersikap dengan tepat?

Umumnya, kepribadian orang terdekat seperti keluarga atau sahabat lebih mudah diketahui karena hubungan yang sudah lama terjalin.

BACA JUGA: Kartika Putri Ungkap Kebiasaan Buruknya yang Tak Banyak Diketahui

Namun, ternyata Moms juga dapat mengetahui kepribadian orang yang tak begitu akrab dengan beberapa petunjuk.

Ada aktivitas dan tanda-tanda yang bisa memperlihatkan bentuk kepribadian diri.

Salah satunya, saat bicara, bisa juga melalui penampilan wajahnya termasuk cara berdandan.

Menurut seorang psikolog sekaligus penulis buku “Face It: what Women really Feels as Their Looks Change”, Vivian Diller, ada beberapa jenis kepribadian yang dapat terlihat dari perawatan muka.

Pertama, tipe 'beauty chameleon' karena perempuan tersebut senang bereksperimen dan berganti-ganti gaya 'make up' hampir setiap hari dan sering terinspirasi dari selebritis di media sosial.

Melansir dari byrdie.com, Minggu (29/1/2017) Diller menjelaskan kalau perempuan seperti ini adalah orang yang tak takut mengambil risiko, walau merasa agak kewalahan dengan identitas dirinya yang sebenarnya. 

Kedua, ada tipe 'the skin obsessive', yakni seseorang yang lebih mengutamakan perawatan dan kesehatan kulit wajahnya dibandingkan make up.

“Moms yang termasuk dalam kategori ini biasanya rela menghabiskan 11 tahapan perawatan kulit ala Korea,” ujar Diller.

Melalui kebiasaan ini, pribadi perempuan tersebut lebih mengandalkan kecerdasan dan talentanya sebagai sumber kepercayaan diri dibandingkan penampilannya.

Selanjutnya, ada tipe ketiga yaitu 'basic beauty' yang tidak memiliki produk kecantikan khusus.

Umumnya, mereka hanya menggunakan produk mendasar seperti BB cream, lip balm dan maskara.

“Perempuan dengan rutinitas ini menunjukkan kepribadian antara ia sebagai orang yang sangat percaya diri dengan dirinya atau malah sudah menyerah dengan penampilannya karena ia merasa tak akan terlihat lebih baik,” kata Diller.

Selain itu, ada tipe 'beauty enthusiast' yang penampilan kecantikannya harus sempurna, mulai dengan dandanan yang tepat, tatanan rambut khusus hingga tas make up yang penuh dengan berbagai produk untuk perawatan tertentu.

Orang dengan tipe ini menunjukkan pribadi yang perfeksionis dan suka memegang kontrol.

BACA JUGA: Makin Cetar dan Menawan, Begini Pesona Transformasi Syahrini

Selain rutinitas kecantikan dan cara berdandan, ada indikator lainnya untuk melihat kepribadian seseorang, yaitu melalui gaya dan warna pakaian yang dikenakannya.

Melansir dari nova.grid.id pada Kamis (21/12/2017), jika seseorang sering mengenakan warna biru maka ia menunjukkan pribadi yang kreatif, damai, setia dan tegas dalam mengambil keputusan.

Lain lagi dengan orang yang memakai warna hitam.

Warna ini melambangkan keanggunan dan otoritas, sedangkan warna abu-abu melambangkan sifat acuh tak acuh dan kurang percaya diri.

Sementara itu, ada juga petunjuk yang bisa dipakai untuk mengungkapkan kepribadian orang lain. Misalnya dari ciri khas ber-'selfie'.

Penelitian dari Brigham Young University yang ditulis dalam Visual Communication Quarterly menunjukkan ketiga kepribadian yang berbeda dalam beberapa kategori gaya selfie.

Tipe-tipe itu adalah 'autobiographers', 'communicators', dan 'self-publicists'.

Seorang tipe autobiographers berselfie hanya untuk menunjukkan kejadian seru atau menyimpan momen berharga yang dialami, tanpa menghiraukan respons orang lain.

Jadi, jika ia memasang selfie ini di Instagram, ia menunjukkan bisa mengekspresikan diri agar orang lain melihatnya.

Akan tetapi tipe ini tidak mementingkan feedback atau komentar dari orang-orang itu.

Sebaliknya, selfie tipe communicators memang mengajak orang terlibat atau membicarakan obyek fotonya.

BACA JUGA: Dari Penulis Hingga Populer Sebagai Komika, Intip Rumah Mewah Raditya Dika

Melansir dari tribunnews.com, Rabu (22/11/2017) contohnya adalah orang yang mengambil mirror selfie (selfie di depan cermin) sehingga bisa menunjukkan latar belakang suatu tempat.

Contoh lain communicators adalah foto selfie yang bertujuan untuk mengajak voting pada campaign tertentu.

Terakhir, golongan self-publicist merupakan orang yang gemar selfie karena senang mendokumentasikan seluruh kehidupan mereka.

Salah satu peneliti, Harper Anderson, mengatakan jenis orang dalam kelompok selfie ini paling sedikit di antara tipe lainnya dan umumnya dilakukan influencer seperti Kim Kardashian.

“Dalam mendokumentasikan dan membagikan kehidupannya melalui aneka selfie, mereka berharap bisa mempresentasikan ceritanya dalam hal positif,” ujar Anderson dilansir dari dailymail.com, Selasa (10/1/2017).

BACA JUGA: Ekpresi Ini Bikin Hanung Bramantyo dan Anaknya Bak Anak Kembar!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Kepribadian Seseorang dari Cara Berdandan Sampai Foto Selfie."