Pil KB Berpotensi Meningkatkan Risiko Kanker Payudara. Ini Alasannya

By Nila Kusuma Pratiwi, Jumat, 15 Desember 2017 | 16:03 WIB
Pil KB dapat membuat Moms semakin cantik ()

Nakita.id - Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang banyak digunakan karena mudah didapat dan harganya terjangkau ya Moms.

Tapi ternyata pil KB masih berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara lo Moms.

Sebuah penelitian terhadap 56 penelitian menunjukkan wanita memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi saat mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen dan progestin. 

Tapi untuk waktu yang lama, banyak dokter dan wanita berharap pil dengan dosis hormon yang lebih tinggi, pil kontrasepsi moderen dengan dosis rendah akan lebih aman.

Baca juga : Sedikit yang Tahu, Ini 10 Tip Bedakan Handphone Samsung Asli Vs Palsu

Penelitian baru yang diterbitkan pada hari Rabu di New England Journal of Medicine, menunjukkan bahwa tidak demikian pembuktiannya.

Periset di University of Copenhagen melacak 1,8 juta wanita berusia antara 15 dan 49 tahun di registri kesehatan Denmark, di mana semua resep yang memenuhi syarat harus dicatat. 

Mereka memperhatikan dalam rentang waktu hampir 11 tahun, wanita yang saat ini atau baru saja menggunakan kontrasepsi hormonal kontemporer (termasuk pil, IUD pelepasan hormon, tambalan, cincin vagina, suntikan dan pengendalian kelahiran darurat setelah pagi) memiliki 20 persen risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak. 

Risiko tertinggi terjadi pada mereka yang menggunakan Plan B.

Semakin lama wanita menggunakan kontrasepsi hormonal, semakin tinggi risikonya. Dari 9 persen wanita yang menggunakannya kurang dari satu tahun sampai 38 persen untuk mereka yang menggunakannya selama 10 tahun atau lebih.

Risikonya lebih kecil untuk wanita remaja, 20an dan 30an.

Baca juga : Diet yang Sedang Trend ini Ternyata Mematikan. Ini Faktanya!