Gempa Jabar 5,7 Skala Richter. Hati-Hati Kota Bandung Rawan Gempa

By Gazali Solahuddin, Sabtu, 16 Desember 2017 | 14:49 WIB
Daerah sesar lembang ()

Nakita.id – Sabtu (16/12) pukul 07.22 WIB telah terjadi gempa bumi di kedalaman 10 km di Jawa Barat, dan terasa hingga Jakarta, terlebih bagi mereka yang berada di gedung-gedung tinggi.

Gempa yang baru saja terjadi selayaknya dijadikan alaram kewaspadaan bencana alam gempa bumi oleh warga kota Kembang Bandung.

Menurut Van Bemellen (2000), Bandung terletak  pada  zona Bandung.

Zona Bandung merupakan suatu zona depresi di daerah Jawa Barat. Itu artinya zona ini merupakan  zona  yang  berada  di tengah  struktur-struktur utama ataupun daerah yang dilewati oleh struktur utama lempeng.

Karenanya Bandung merupakan daerah yang  sangat  rawan  bencana gempa  bumi.

Baca juga: Selain Samsung, Hp Xiaomi Banyak Dipalsukan. Ini Cara Membedakannya

Secara  garis  besar ada  4 sesar  utama yang  diperkirakan  dapat  menimbulkan gempa  tektonik di kota Bandung, yaitu: sesar  naik  Cantayan, Sesar Normal Lembang,  sesar Mendatar  Cicalengka, sesar Padalarang.

Potensi Gempa Bandung Hingga 7-7,5 Skala Richter

Menurut Prof. Adang Surahman, guru besar bidang rekayasa struktur Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dimuat di koran Tempo edisi 2 Maret 2010  mengatakan,  potensi  gempa di Kota Bandung  sangat besar,  berkisar antara 7-7,5 skala richter.

Untuk diketahui, getaran lindu akan terasa lebih kuat di selatan dan timur Bandung.

Hal  ini  terjadi  karena tanahnya di daerah selatan dan timur Bandung lebih  lunak,  akibat  terbentuk  dari  endapan  danau Bandung purba.

Dari  hasil riset Prof. Adang,  banyak  kecamatan di kota Bandung  yang permukimannya terancam mengalami kerusakan  sedang  hingga  rubuh.